Fokus Rohil

Stok Obat Generik di RS dan Pukesmas Aman

ilustrasi


BAGANSIAPIAPI - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hilir menyatakan stok obat-obatan di seluruh rumah sakit (RS) dan puskesmas sejauh masih aman untuk berbagai jenis dan merek. Sehingga, Diskes tak terlalu mengkhawatirkan akan krisis obat-obatan di wilayahnya.

"Kebutuhan obat-obatan di RS dan puskesmas tak ada masalah, mulai dari obat ginerik maupun jenis paten semuannya memenuhi kebutuhan. Apalagi setiap tahunnya kita terus melihat perkembangan obat yang diperlukan," ungkap Kadiskes Rohil, dr HM Junaidi Saleh M Kes, Kamis (20/6).

Prioritas kebutuhan obat generik, katanya, selalu didahulukan di setiap pusat kesehatan yang ada di Rohil. "Kualitas obat generik yang disediakan adalah yang terbaik untuk berbagai macam penyakit yang ditangani tim medis. Jadi masyarakat jangan enggan dengan obat generik," imbaunya.

Di samping itu, tenaga medis di RSUD DR Pratomo Bagansiapiapi sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. "Sekarang masyarakat tak perlu jauh-jauh berobat ke luar daerah. Karena di RSUD yang kita miliki telah disediakan berbagai dokter spesialis. Dengan begitu, RSUD kita yang saat ini mmasih berstatus tipe C bakal naik menjadi tipe B," sebutnya. (rep/01)