Sosialita

Wow, Astronot Cantik China Mengajar dari Luar Angkasa

BEIJING - Seorang astronot China berhasil melakukan hal langka dari luar angkasa. Astronot wanita ini mengajar sebuah kelas melalui video dari dalam pesawat luar angkasa.

Mengenakan seragam astronot, Wang Yaping mendemonstrasikan bagaimana sejumlah benda bergerak di luar angkasa yang hampa udara. Dia menunjukkan bahwa mulai dari gelembung udara hingga mainan semuanya melayang bebas di udara.

Pelajaran yang disampaikan Wang ditayangkan di sejumlah ruang kelas di wilayah China. Demikian disampaikan media setempat, CCTV dan dilansir AFP, Kamis (20/6).

Sambil tersenyum, Wang yang merupakan astronot wanita kedua dari China ini, memperagakan bagaiman manusia bisa melayang di luar angkasa. Wang mendorong rekannya sesama astronot dengan jari. Dia juga memperagakan tetesan air yang melayang bisa diminum.

Dengan menggunakan tayangan video secara langsung, Wang melontarkan pertanyaan kepada para siswa yang menyaksikannya melalui layar raksasa di salah satu sekolah di Beijing. Diperkirakan lebih dari 60 juta siswa dan guru yang menyaksikan Wang secara langsung.

"Di luar angkasa, bagaimana kita bisa mengetahui jika kita menjadi lebih kurus atau lebih gemuk?" tanya Wang kepada para siswa. "Kita bisa menggunakan timbangan elektrik," jawab seorang siswa laki-laki dengan semangat.

"Saya benar-benar iri dengan Anda yang bisa mengajar kami sambil melayang di luar angkasa," ucap seorang siswa perempuan lainnya.

Rata-rata para siswa antusias dengan pelajaran yang diberikan oleh Wang. Mereka terlihat antusias saat melakukan tanya-jawab dengan Wang yang tampil langsung dari pesawat luar angkasa China, Tiangong-1, yang mengorbit pada ketinggian 300 km di atas permukaan bumi. (rep05)