Fokus Rohil

Cegah ISPA, 400 Masker akan Dibagikan Polres Rohil

Polres Rohil turunkan ratusan personil padamkan Karhutla


UJUNG TANJUNG - Polres Rokan Hilir (Rohil) akan membagikan 400 masker gratis bagi pengendara untuk mencegah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) seiiring kebakaran hutan (Karhutla) beberapa hari terakhir. Rencana pembangian masker itu dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Diskes).

Hal ini dibenarkan Kapolres, AKBP Tonny Hermawan, Rabu (19/6). "Rencana pembagian 400 masker bagi pengendara adalah langkah mencegah ISPA seiring munculnya kabut asap belakangan ini akibat Karhutla. Nantinya, kegiatan ini akan di laksanakan di tiga Kepenghuluan  di Kecamatan Tanah Putih. Karena, di tiga daerah ini kondisi asap yang paling tebal dan sudah mengkhawatirkan," tambah Kapolres.

Selain pengendaran, pembagian masker juga ditujukan kepada warga yang dirasa memerluka. "Warga juga sangat mengeluhkan tentang kondisi asap di. Bayangkan, sudah hampir dua minggu kita dilanda kabut asap, mata kita terasa perih, hidung pun terasa sengal, dada juga mulai terasa sesak dan tenggorokan kering,” paparnya.
   
Sementara itu, akibat kabut asap di Rohil belum ada sekolah yang diliburkan. Kepala Dinas Pendidikan, Drs H Surya Arfan M Si mengaku kabut asap belum terlalu mengganggu aktivitas belajar mengajar. "Kalau nanti keadaan sudah buruk bagi kesehatan, terpaksa diliburkan," kata Surya.

Aktifitas sekolah saat ini,lanjut Surya, memang tidak belajar aktif pasca selesai ujian semester. "Sekolah harus bisa menilai situasi apabila membahayakan siswa, ya jangan dipaksakan. Kalau memang tak memungkinkan akibat kabut asap, siswa kita liburkan," tegasnya. (rep/01)