35 Peserta Siap Unjuk Kebolehan

Lomba Sampan Hias Warnai Bakar Tongkang

Lomba Smpan Hias


BAGANSIAPIAPI - Bersamaan dengan helat Bakar Tongkang, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Rokan Hilir menggelar lomba sampan hiasa. Peserta yang ditargetkan sebanyak 35 orang, mendapat dukungan penuh panitia dan mendapatkan bantuan sebesar Rp6 juta untuk modal awal menghias sampan kotak mereka.

Hal ini disampaikan Kabid Budaya dan Sejarah Disbudparpora, Zakia Hada, Rabu (19/6). "Bersamaan dengan rangkaian acara ritual Bakar Tongkang, 24 Juni mendatang, kita akan menggelar lomba sampan hias. Para peserta juga sudah kita beri bantuan senilai Rp6 juta bagi 35 orang yang siap tampil menghias sampan kotanya," ujar Zakia disela menyerahkan bantuan di kelenteng Thing Hai King, Kepenghuluan Pulau Halang Muka, Kecamatan Kubu
Babussalam.

Sampan kotak yang sering digunakan nelayan mengakap ikan akan dihias sebaik mungkin. "Tetapi dalam menghias sampan ada kriteria yang tak boleh ditinggalkan dan sudah menjadi persyaratan mutlak panitia, yaitu setiap peserta wajib menggunakan bendera merah putih. Yang jelas pada saat acara Bakar Tongkang peserta wajib tampil nantinya, makanya disisa waktuyang ada, mereka harus menyelesaikan kewajibannya menghias sampan," tambah Zakia.

Setiap peserta yang beruntung, lanjutnya, berhak mendaptkan uang pembinaan dan tropi serta piagam dari Bupati Rohil H Annas Maamun. "Lokasi lomba akan berlangsung di tepian sungai Rokan, Batu Enam. Kegiatan ini untuk memanjakan mata wisatawan yang datang dalam mengisi waktu disela iven Bakatr Tongkang," sebutnya. (rep/01)