Tarik Investor

Seluruh Potensi Daerah harus Dipromosikan

Reflika Tongkang

BAGANSIAPIAPI - Semua potensi di Kabupaten Rokan Hilir diharapkan perlu terus dipromosikan kepada masyarakat luas di balik perhetalan iven Bakar Tongkang yang akan dihadiri ratusan ribu wisatawan baik lokal hingga manca negara, 24 Juni mendatang. Sehingga, keberadaan potensi daerah dapat lebih dikenal secara luas untuk memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Rohil, H Suyatno yang berharap dengan promosi daerah akan mampu menghadirkan investor untuk mendukung program pembangunan daerah. "Bakar Tongkang sudah tidak diragukan lagi, orang-orang luar jika bicara Bakar Tongkang pasti ingat Bagansiapiapi. Untuk itu, memanfaatkan iven Bakar Tongkang harus jeli dalam menarik investor, misalnya dengan mempromosikan potensi daerah lainnya agar lebih dikenal ke masyarakat luas," ujar Suyatno, Rabu (19/6).

Sebab, lanjutnya, Setiap kali ada kegiatan yang dilaksanakan di kota Bagansiapiapi, tamu yang hadir tak jarang dari luar daerah hingga manca negara. "Tamu-tamu yang datang dari luar daerah itu, perlu kita bawa keliling di kota Bagansiapi-api. Termasuk di kawasan Batu Enam yang bakal dijadikan pusat perkantoran di Pemkab Rohil. Sehingga, para tamu bisa mengerti dan memahami apa saja kegiatan dan agenda serta kebijakan yang diambil oleh Pemkab Rohil dalam menata dan membenahi wilayah," sambungnya.

Tamu yang sudah diajak keliling tersebut, tambah Suyatno, sudah barang tentu bakal berbagi cerita dengan sejumlah kerabat maupun teman-temannya saat kembali di tempat asalnya. Sehingga, nama Kabupaten Rohil terus terdengar dimana-mana. "Itu makanya, kita harus promosikan semua potensi yang ada. Dengan seringnya mempromosikan daerah, maka nama  Kabupaten Rohil bakal terus mudah diingat. Kalau sudah diingat, jelas bakal terus dikenal. Sehingga orang berusaha untuk datang ke Rohil ini," harap Wabup.

Lanjutnya, jika nama daerah sudah tak asing lagi bagi masyarakat luar, maka para investor bisa meluangkan waktunya untuk datang berkujung ke Rohil. "Bisa saja dengan kunjungan investor, mereka tertarik menanamkan modalnya di daerah kita. Sebab, di Kabupaten Rohil memiliki banyak potensi yang dapat dioptimalkan. Dan untuk mengoptimalkan potensi itu di sangat diperlukan dukungan dan peran serta pihak ketiga yakni dari kalangan investor. Kita dari Pemkab Rohil jelas segera memberikan kemudahan bagi investor yang berminat untuk menanamkan investasikan di Kabupaten Rohil ini," sebut Suyatno.

Sementara, potensi yang dimiliki di Kabupaten Rohil yang bakal dikembangkan yakni di sektor wisata serta perikanan dan kelautan maupun potensi sumber daya alam. Diantaranya dipusatkan di Pulau Pedamaran yang berada di Sungai Rokan. Selain itu, membuat kawasan industri di Kecamatan Sinaboi serta rencana pembangunan dermaga pelabuhan. Termasuk pengembangan obyek wisata Pulau Jemur. (rep/01)