Sport

Kalahkan Italia, Spanyol Pertahankan Gelar

Jerusalem : Aksi menawan gelandang Barcelona Thiago Alcantara yang mencetak hat-trick membawa Spanyol mempertahankan gelar juara Piala Eropa U-21 setelah menghantam Italia 4-2 di partai final di Stadion Teddi Malcha, Israel, Rabu (19/6) dinihari WIB. Spanyol sukses menjadi juara dengan rekor 100 persen. Mereka selalu menang di lima laga di putaran final.
 
Spanyol langsung mengambil inisiatif penyerangan begitu pertandingan dimulai. Hasilnya mereka sudah bisa unggul saat laga baru berjalan enam menit. Umpan silang Alvaro Morata disundul oleh Thiago yang berdiri bebas di mulut gawang Italia.
 
Italia mampu merespon gol Thiago ini dengan baik. Empat menit kemudian papan skor sudah berimbang 1-1. Umpan jauh Matteo Bianchetti dengan luar biasa diselesaikan Ciro Immobile lewat tendangan lob yang memperdaya kiper David De Gea.
 
Spanyol hampir kembali memimpin andai kiper Italia Francesco Bardi tidak tampil cekatan menggagalkan tembakan Morata dan sontekan Koke. Italia juga sempat memiliki peluang di menit 24 manakala tendangan Alessandro Florenzi bisa ditepis oleh De Gea.
 
Kesalahan Luca Cardiola dalam menghalau umpan silang Koke membuat Spanyol kembali unggul di menit 31. Thiago dengan dingin menyelesaikan umpan Koke itu dengan tendangan setengah voli yang tak kuasa ditahan Bardi.
 
Tujuh menit sebelum jeda, Spanyol mendapat hadiah penalti ketika penetrasi Cristian Tello dilanggar Giulio Donati. Thiago yang dipercaya sebagai algojo sukses menunaikan tugasnya guna mencetak hat-trick.
 
Spanyol makin menjauh setelah gelandang serang Malaga Isco ikut mencetak gol di menit 66 melalui eksekusi penalti. Wasit menunjuk titik putih akibat pelanggaran Regini terhadap Martin Montoya.
 
Italia memperkecil ketertinggalan di menit 80 melalui tendangan rendah Fabio Borini setelah melakukan kerjasama satu-dua dengan Lorenzo Insigne. Namun waktu yang tersedia sudah terlalu sedikit untuk memaksakan perpanjangan waktu.
 
Susunan Pemain:
Italia U21: Bardi; Donati, Bianchetti, Caldirola, Regini; Florenzi (Saponara 58), Rossi, Verratti (Crimi 76), Insigne; Immobile (Gabbiadini 58), Borini
 
Spanyol U21: De Gea; Montoya, Bartra, Inigo Martinez, Moreno; Koke (Camacho 86), Illarramendi, Thiago Alcantara; Tello (Muniain 70), Morata (Rodrigo 80), Isco.(rep03)