Politik

MPR : Nama Ketua MPR konsultasikan Dulu ke Parpol

Jakarta - Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Thohari meminta Fraksi PDI Perjuangan (PDI-P) mengkonsultasikan terlebih dahulu nama-nama calon ketua MPR pengganti almarhum Taufiq Kiemas.
 
"Kami meminta agar fraksi PDI-P mengkonsultasikan nama calon ketua MPR dengan pimpinan fraksi-fraksi di MPR, agar penggantinya dapat legitimatisi dan kepercayaan yang tinggi," ujar Hajriyanto di Gedung DPR, Senayan, Selasa (18/6/2013).
 
Menurutnya, selain berkonsultasi dengan para pimpinan Fraksi di MPR, PDI-P juga harus mengkonsultasikan nama calon ketua MPR nanti ke Ketua umum sembilan partai politik yang ada di DPR.
 
"Dalam semangat konsensus mengkonsultasikannya ke pimpinan parpol, agar ada semangat kebersamaan," imbuhnya.
 
Jika hal itu sudah dilakukan dapat dipastikan nantinya calon pengganti almarhum Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR akan mendapat dukungan penuh dari seluruh elemen. Karena MPR merupakan lembaga tinggi negara yang memiliki kewenangan tertinggi.
 
"Karena tugas MPR tertinggi bisa melengserkan presiden dan wakil presiden, merubah konstitusi dan bisa diterima semua golongan maka soal senioritas itu menjadi yang utama," tandasnya.(rep03)