Riau Raya

2013, Universitas Riau Tampung 7.805 Mahasiswa Baru

PEKANBARU-Kepala BAAK UR, Afrinaldi Selasa (18/6/13) mengatakan bahwa tahun 2013 ini Universitas Riau menampung mahasiswa baru sebanyak 7.805 orang yang akan masuk dari berbagai jalur. Mulai dari mahasiswa undangan, PBUD hingga ujian mandiri dan ujian tulis.

Menurut Afrinaldi, untuk jalur SNMPT undangan sebanyak 664 mahasiswa, SNMPTN ujian tulis sebanyak 1.982 mahasiswa. Sedangkan untuk mahasiswa baru dengan jalur PBUD sebanyak 2.015 mahasiswa, dan jalur ujian mandiri sebanyak 2.663 mahasiswa.

"Tahun 2013 ini, Universitas Riau menerima mahasiswa baru sebanyak 7.805 mahasiswa. Jumlah tersebut merupakan mahasiswa baru yang masuk melalui berbagai jalur," terangnya.

Sementara Pembantu Rektor I UR, H Aras Mulyadi mengatakan bahwa selain menyelenggarakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia juga sepakat menyelenggarakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebagai salah satu bentuk seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Universitas Riau (UR) juga siap menyelenggarakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui SBMPTN tersebut.

Seleksi bersama menggunakan pola ujian tertulis ini memberikan keuntungan, baik bagi calon mahasiswa, PTN, maupun kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa, ujian tertulis ini sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.

Jalur SNMPTN khusus untuk siswa lulusan 2013, sementara SBMPTN selain untuk lulusan 2013, ujian tertulis ini dilaksanakan untuk memberi kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat tahun 2011 dan 2012 untuk mengikuti seleksi pada tahun 2013.

“Jalur SBMPTN diluncurkan berbasis seleksi hasil ujian tertulis dan terbuka bagi siswa yang lulus UN pada tahun 2011 dan 2012 serta bagi siswa yang tidak berhasil memperoleh kursi di PTN melalui SNMPTN,” jelasnya dilansir riauterkini.com.(rep2)