Sport

Australia Lolos ke Piala Dunia 2014

Sydney - Australia memastikan tiket ke Piala Dunia 2014 usai mengalahkan Irak 1-0. Australia menjadi tim kedua yang lolos ke turnamen tersebut setelah Jepang.

Tampil di hadapan sekitar 80 ribu penonton, di Anz Stadium, Sydney, Selasa (18/6/2013), 'Socceroos' sempat menggetarkan gawang Irak di menit ke-65 saat Robbie Kruse mencetak gol lewat tendangan voli.

Akan tetapi, gol ini dianulir wasit asal Iran Faghani Ali Reza. Ia meniup peluitnya karena melihat telah terjadi pelanggaran terlebih dulu oleh Sasa Ognenovski.

Gol pada akhirnya baru tercipta di menit ke-83. Josh Kennedy, yang masuk menggantikan Tim Cahill lima menit sebelumnya, meneruskan bola umpan silang Mark Bresciano untuk bikin gol.

Stadion serta-merta bergemuruh menyambut gol tersebut. Kennedy juga langsung dikerubungi rekan-rekan setimnya. Perayaan bertambah meriah setelah peluit akhir dibunyikan.

"Ini luar biasa untuk negara kami. Sekarang tiga Piala Dunia (beruntun)," kata kapten Australia Lucas Neill di Reuters.

"Maafkan kami, permainan tadi kurang cantik, tapi kami bisa melewati hadangan di depan. Malam ini mari kita lihat sisi positifnya, Australia akan ke Brasil!" serunya.

Kemenangan membuat Australia berhak atas tiket lolos langsung ke Piala Dunia 2014. Australia menempati posisi dua klasemen grup B kualifikasi Piala Dunia zona AFC dengan 13 poin dari delapan laga, terpaut empat angka dari Jepang yang ada di pucuk klasemen dan sudah lebih dulu memastikan lolos ke Brasil. Irak sendiri menjadi juru kunci grup.

Sementara dua tiket lolos langsung lain dari zona AFC masih diperebutkan oleh tiga negara di grup A, yakni Korea Selatan (14 poin), Iran (13 poin), dan Uzbekistan (11 poin). Ketiganya telah memainkan tujuh pertandingan.(rep2)

Susunan pemain

Australia: M. Bresciano, B. Holman (T. Rogic 61'), L. Neill, L. Wilkshire, T. Cahill (J. Kennedy 78'), T. Oar, M. Milligan, R. Kruse (A Thompson 79'), M. McKay, S. Ognenovski, M. Schwarzer

Irak: Noor Sabri, Ahmad Ibrahim Khalaf, Ali Adnan, Ali Bahjat Fadhil, Dhurgham Al Quraishi (Halkard Mohammad 66'), Humam Tareq (Hamady Ahmad 74'), Khaldoun Ibrahim, Karrar Jassim, Walid Salem, Saif Salman (Osama Ali 79'), Saad Abdulamee