Riau Raya

Kabupaten Meranti Jadi Primadona Investor

MERANTI - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti mempercepat pembangunan melalui bantuan pihak swasta terus dilakukan.

Bahkan berbagai kemudahan terus diberikan kepada pihak yang diyakini mampu mengatasi persoalan mendasar di Meranti terutama masalah kemiskinan.

Mulai dari tax holiday sampai kepada membantu kepengurusan perizinan ke pusat. Makanya tak salah jika Meranti menjadi salah satu primadona bagi investasi khususnya di Provinsi Riau.

Meranti juga pernah mendapatkan predikat sebagai daerah paling dituju investasi dalam Riau invesment award 2011 dan 2012.

Sejak dimekarkan sedikitnya belasan perusahaan sudah masuk ke Meranti dan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Makanya tak salah jika penurunan kemiskinan di Meranti yang masih sangat tinggi menjadi incaran Pemkab Meranti dapat diatasi dengan masuknya investasi. Sebab salah satu faktor kemiskinan itu belum memiliki pekerjaan yang layak oleh masyarakatnya.

Sementara dari pihak ketiga sendiri, Meranti sangat berpotensi sekali. Selain memiliki sumber daya alam yang sangat besar, juga masih terbuka nya peluang untuk meningkatkan bisnis daripada investor itu sendiri mulai dari pertambangan, migas, kelautan, perikanan dan lainnya termasuk kehutanan dan pertanian.

Makanya kedewasaan masyarakat juga akan menjadi salah satu pendukung dalam menerima investasi yang akan sudah, sedang dan akan masuk di Meranti.

Langkah lainnya yang sudah diambil Pemkab Meranti dalam mempercepat masuknya investasi koordinasi lintas institusi sudah pun dilakukan mulai dari pembentukan Polres, peningkatan kejaksaan dan lainnya.

Dengan begitu kepastian hukum di wilayah Meranti menjadi jelas dan menjaminkan para investor bisa terus berkreasi dan mengekspresikan diri lebih besar dengan komitmen-komitmen yang jelas.

‘’Kita juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan kejaksaan agar pembentukan institusi hukum tersebut bisa sejalan dengan dorongan masuknya investasi. Sebab kepastian hukum menjadi jaminan atas masuknya investasi lebih cepat dan lebih banyak lagi,’’ ungkap Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan MSi dilansir riaupos.co.id.

Menurutnya memang saat ini pihak Pemkab Meranti masih terus akan mendorong investasi di segala sektor.

Bagaimanapun diyakini bupati masih banyaknya pengangguran di wilayah Kepulauan Meranti bisa diminimalisir dengan semakin banyaknya investasi yang masuk sehingga secara otomatis membantu peningkatan ekonomi masyarakat Kepulauan Meranti nantinya.

Di Meranti sendiri dengan lokasi yang berada di persimpangan antara Provinsi Riau dan Kepri serta bersebelahan dengan negara tetangga menjadi lokasi yang sangat strategis dalam menanamkan investasi ekspor. Dan itu menjadi salah satu lokasi baik untuk sejumlah perusahaan dalam mengembangkan usahanya, baik perusahaan di dalam negeri sendiri, apalagi perusahaan asing.

Bahkan beberapa hari lalu, investor asal Cina yang mengunjungi kabupaten bungsu di Riau ini. Kedatangan mereka baru sebatas berkoordinasi dan bersilaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal itu dilakukan untuk mendengar secara langsung komitmen bupati yang selama ini dibesar-besarkan.(rep2)