Fokus Rohil

Kemenag Rohil Cairkan Dana Bos

BAGANSIAPIAPI-Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hilir telah mencairkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di semua sekolah madrasah rekening masing-masing. Pencairan dana BOS 2013 ini memang terjadi keterlambatan akibat sebelumnya belum disahkan DPR RI.   

"Alhamdulillah, tahun ini dana BOS dari pusat sudah sampai ke daerah dan telah pula kita salurkan ke rekening sekolah masing-masing diawal minggu pertama bulan Juni lalu," ujar Kepala Kemenag Rohil, H Agustiar S Ag, Sabtu (15/6) lalu.

Disinnggung mengenai penggunaan dana BOS apakah selama sudah tepat sasaran, Agustiar mengakatan belum ada laporan yang mengganggu sistem. "Semoga dana BOS tetap disalurkan kepada yang berhak oleh sekolah penerima. Memang, selama ini belum ada laporan terjadi diluar sistem mengenai penyalurannya kepada siswa," sebutnya.

Sebab, belakangan setiap kepala sekolah diminta pertanggungjawaban dalam bentuk laporan penggunaan dana BOS tersebut. "Harus kita akui, dana BOS sangat rawan diselewengkan. Tetapi kan kepala sekolah tetap diminta membuat laporan penggunaannya, nah belakangan laporan yang disampaikan ke kita tidak ditemukan indikasi penyelewengan," jelasnya.

Ditambahkannya, penyaluran dana BOS dilakukan setiap per triwulan. "Selama ini penyaluran dana BOS ke pihak sekolah tidak pernah terlambat, namun baru kali ini terjadi keterlambatan. Tetapi itupun tak terlalu lama lah. Sehingga segala kegiatan sekolah terhadap kesiswaan dapat terlaksana sesuai rencana," katanya. (rep05)