Politik

DCS Diumumkan, Tanggapan Warga Pekanbaru Minim

PEKANBARU - Sejak diumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon (Balon) Anggota Legislatif Kota Pekanbaru, 13 Juni lalu, hingga kini masih minim tanggapan masyarakat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru memberikan tengat waktu hingga 27 Juni mendatang.

Anggota KPU Kota Pekanbaru, Fahri Yasin mengatakan hal ini akhir pekan kemarin. Katanya, pengumuman sendiri akan berakhir hingga Senin (17/6) nanti, (hari ini, red). Namun demikian masyarakat masih tetap memiliki kesempatan untuk menanggapi DCS tersebut.

"Kalau untuk tanggapan dari masyarakat yang ingin melaporkan, waktu masih ada dari tanggal 14 sampai 27 Juni 2013," ingatnya.
Fahri pun menyampaikan bahwa untuk melaporkan kejanggalan-kejanggalan tentang Balon Legislatif Pekanbaru 2014, masyarakat bersangkutan harus menyerahkan bukti-bukti konkrit. Misalnya, adanya ditemukan pemalsuan ijazah atau hal lainya yang terindentifikasi melanggar hukum.

"Masyarakat bisa langsung mendatangi KPU Pekanbaru untuk mengajukan tanggapanya. Tapi, harus jelas dengan bukti-bukti konkritnya," sebutnya seperi dilansir halloriau.

Menurut Fahri dari pengalaman pada Pileg sebelumnya, memang tidak banyak tanggapan atau laporan yang masuk mengenai kejanggalan yang dilaporkan masyarakat.n "Kalau dari pengalaman kita pada Pileg yang lalu tidak banyak yang melaporkan tentang balon-balon legislatif," sebutnya.

Karena menurut Fahri masyarakat yang ingin melapor bisa saja tidak memiliki banyak bukti atau kesadaran atau tidak pedulinya terhadap Pileg tersebut." Terkadang ada yang mau melapor tapi kurang bukti-buktinya. Namun, biasanya yang paling mencolok itu kesadaran masyarakat sendiri kurang tentang Pileg ini," ujarnya dan menambahkan masyarakat bukan saja bisa melapor ke KPU, tetapi dapat juga melaporkan tanggapanya ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). (rep05)