Sosialita

Rajin Cuci Tangan, Warga Desa Ini Makin Sehat

Bandung : Mencuci tangan mungkin merupakan hal sederhana dalam menjaga kesehatan. Namun banyak yang mengabaikan hal sederhana ini.
 
Penyuluhan-penyuluhan bisa menjadi cara untuk tetap mengingatkan betapa pentingnya hal ini.
 
Reckitt Benckiser (RB) bersama Save The Children mengadakan program selaras di daerah Cibeureum, Bandung yang salah satu kegiatannya adalah penyuluhan.
 
"Berkat RB dan save the children ada program yg namanya Selaras, penyuluhan-penyuluhan yg dilakukan membantu masyarakat untuk hidup lebih sehat," kata Lilis.
 
Masyarakat Desa Cibeureum, Bandung kini sudah mulai membiasakan kebiasaan mencuci tangan karena banyaknya penyuluhan.
 
"Sekarang masyarakat Desa Cibeureum sudah mulai terbiasa dengan kebiasaan ini" ujar Kader Posyandu Desa Cibeureum, Lilis, Kamis (6/6/2013)
 
Selaras adalah program dengan tagline sederhana namun berdampak luar biasa. "Selaras itu kan sederhana namun berdampak luar biasa, nah dengan memulai mencuci tangan maka dapat meningkatkan kesehatan," ujar wanita yang kerap melakukan penyuluhan di tiap desa.
 
Risiko penyakit sudah mulai berkurang karena masyarakat sudah peduli terhadap kesehatan baik untuk ibu dan anak.
 
"Sekarang, Alhamdulillah sudah jarang yang terkena penyakit misalnya diare, karena sudah membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas," kata Lilis.
 
Posyandu
 
Peresmian Pusat Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Cibeureum, Bandung dihadiri Bupati Kabupaten Bandung, H. Dadang M. Naser, Kamis (6/6/2013).
 
Pembangunan Posyandu ini merupakan hasil dari penggalangan dana 61 peserta yang diselenggarakan Reckitt Benckiser dengan Save Children.
 
Masyarakat merespon baik adanya pembangunan posyandu ini. "Respon masyarakat sangat baik dengan pembangunan posyandu ini," ujar Ketua RW 28 Desa Cibeureum, Titin Kartini.
 
Posyandu yang berada di RW 28, Kecamatan Kertasari, Desa Cibeureum ini sangat membantu masyarakat sekitar dalam bidang kesehatan.
 
"Masyarakat sangat terbantu di bidang kesehatan, dulunya agak susah karena kan biasanya di rumah saya tapi sekarang bersyukur sudah punya tempat sendiri lebih tertata rapi," Seperti dilansir liputan6.com.
 
Titin Kartini pun menambahkan dengan adanya bantuan dana dan pembangunan posyandu ini diharapkan dapat terus ditingkatkan.
 
"Saya berharap hal ini bisa terus ditingkatkan agar membantu kesehatan masyarakat yang di daerah,' tambahnya.(rep03)