Sosialita

Wow, 5 Tahun Lagi Alien Dapat Diburu Dengan Teleskop Raksasa

Washington - Teleskop raksasa 'pemburu kehidupan alien' Colossus, diklaim para astronom akan siap dalam kurun waktu lima tahun lagi.
 
Seperti dikutip dari FoxNews, proyek teleskop raksasa Colossus yang nilainya sekira US$1 miliar itu menggunakan jenis kaca tipis, yang diperkirakan dapat mendeteksi keberadaan planet asing dalam jarak 60 hingga 70 tahun cahaya dari Bumi.
 
"Jika kita dengan mudah mendapatkan investor yang bermurah hati, maka kita bisa membangun teleskop tersebut dalam waktu lima tahun saja," Jeff Kuhn, astronom dari University of Hawaii's Institute for Astronomy.
 
Dalam sejarah pencarian kehidupan ekstra-teresterial pernah pada 1977 para astronom mendapat kode sinyal, yang apabila diterjemahkan menjadi "Wow!". Padahal pesan seperti itu tidak pernah terulang kembali.
 
Fisikawan Stephen Hawking pun mengatakan bahwa manusia harus lebih waspada dalam mengirimkan sinyal ke peradaban yang lebih maju.
 
Namun Colossus menurut Kuhn berbeda, karena hanya menerima sinyal pasif, yang memungkinkan mereka bisa mencari 'alien' tanpa harus memberitahu keberadaan manusia.(rep03)