Sosialita

Terapi Sehat Dengan Tertawa

New York : Tertawa tidak hanya menghilangkan stres. Tertawa juga ternyata memiliki efek positif untuk organ-organ pada tubuh. 
 
Dilansir Womenshealthmag, Selasa (11/6/2013), tertawa dapat mengubah biologis dan meningkatkan kesejahteraan serta kesehatan tubuh.
 
Berikut organ-organ yang terpengaruh ketika tertawa dan baik untuk kesehatan, yaitu :
 
1. Otak
 
Ketika seseorang mendengar lelucon, otak berpikir lebih tinggi, fungsi otot menjadi baik, dan emosional juga terpengaruh. Otot-otot di sekitar mata dan pipi mulai spontan merasakan manfaat tertawa.
 
2. Paru-paru
 
Diafragma dan otot dada mengencang saat tertawa dan membuat udara keluar dari paru-paru. Udara yang keluar melalui tenggorokan kemudian meniup atas laring Anda dan pita suara bergetar menggema mengeluarkan vokal. 
 
Tingkatkan aktivitas diafragma seperti sedang melakukan aerobik sehingga menambah kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen.
 
3. Mata
 
Jika seseorang benar-benar bahagia atau mendengar lelucon yang benar-benar lucu maka mata mulai berair. Air mata yang keluar dapat membantu membersihkan kotoran yang ada pada mata.
 
4. Hati
 
Denyut jantung dan tekanan darah membaik, membantu mengalirkan oksigen yang diperlukan tubuh.
 
5. Otot
 
Otot-otot wajah yang tegang menjadi relaks dan terkoordinasi. Tertawa juga dapat membakar beberapa tambahan kalori.
 
6. Hormon
 
Tertawa dapat membantu melepaskan endorfin, hormon alami yang sering dipicu oleh latihan namun dengan tertawa, senyawa ini keluar dan menimbulkan rasa bahagia. 
 
Banyak tertawa juga dapat mengubah produksi hormon stres kortisol menjadi hal yang bahagia. Karena terlalu banyak kortisol (hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal akibat respon stres) yang keluar akibat kelelahan dan depresi.
 
7. Emosi
 
Tertawa itu bisa menular. Beberapa ilmuwan berspekulasi berevolusi sebagai mekanisme ikatan awal yang terjadi. Berbagi tawa dengan seseorang bisa membantu untuk terhubung kedekatan secara emosional.(rep03)