Riau Raya

Luar Biasa, Pekanbaru Raih Adipura Kota Besar

JAKARTA-Setelah gagal meraih penghargaan setahun silam, Kota Pekanbaru akhirnya kembali merebut penghargaan Piala Adipura dengan kategori kota besar oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Pekanbaru berhasil menyabet Adipura bersama dua kota besar lainya yakni kota Padang dan Batam. Penghargaan diserahkan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Walikota Batam Firdaus MT dalam rangka  memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Istana Negara, Senin (10/6). Tema peringatan di Indonesia, tema  adalah 'Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan', mengadopsi tema 'Think, Eat, Save' yang dipilih PBB.

Dalam sambutannya, presiden mengingatakan tema itu mempunyai makna agar dalam mengkonsumsi sumber daya alam, termasuk makanan, harus sehemat dan seefisien mungkin. "Jangan rakus, jangan boros, jangan berhambur-hamburan. Ingat anak cucu, ingat masa depan," katanya.

Pesan hemat terhadap makanan itu juga berlaku bagi mereka yang memesan makanan banyak, tapi akhirnya dibuang. "Padahal di dunia ini ada 1 miliar orang yang setiap malam tidak bisa tidur karena perutnya lapar. Ini adalah gaya hidup yang harus diubah dan dihentikan di seluruh dunia, termasuk negara-negara maju," Presiden menambahkan.

Sebelumnya, Menteri LH Balthazar Kambuaya menjelaskan bahwa tema 'Think, Eat, Save' di Indonesia diadopsi menjadi 'Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan'. "Makna mendasar dari tema ini adalah pentingnya umat manusia, baik individu, kelompok, maupun bangsa, mengubah cara berfikir, berproduksi, dan berkonsumsi untuk menyelematkan lingkungan hidup," ujar Bert Kambuaya dalam sambutannya seperti dilansir halloriau.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menyerahkan piala berdasarkan pada empat kategori wilayah penilaian yakni  kategori Kota Metropolitan, Kota Besar, Kota Sedang dan Kota Kecil. Lebih kurang total keseluruhan penerima Piala Adipura 2013 mencapai 94 kota.

Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup. (rep05)