Riau Raya

Tol Pekanbaru - Bengkinang Ditargetkan Selesai 20 April Mendatang

Foto : Istimewa
 
 
PEKANBARU - Project Director Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang Bambang Eko mengungkapkan, pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru - Bangkinang ditargetkan selesai pada 20 April 2022 mendatang. Saat ini pembangunan tol hanya tersisa di jalan akses menuju ke jalan nasional saja. Tepatnya di depan gedung Sekolah Polisi Negara (SPN) di Bangkinang.
 
"Kami tinggal menyelesaikan yang menuju ke ases jalan nasional depan SPN itu saja. Target kita tanggal 15 sampai 20 april selesai,‎" kata Bambang, Minggu (10/4/2022).
 
‎Bambang mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah menggesa pekerjaan pembangunan rigit sepanjang lebih kurang 200 meter dan pengaspalan jalan rigit tol Pekanbaru - Dumai sepanjang sekitar 400 meter.
 
"Tersisa sekitar 400 meter lagi, itu pengaspalan rigitnya saja, kalau yang pembangunan rigitnya tinggal 200 sampai 300 meter," ujarnya.
 
Sementara saat disinggung kapan tol Pekanbaru - Bangkinang tersebut bisa difungsionalkan, Bambang belum bisa memastikan. Sebab kewenangan penetapan jadwal uji coba dan fungsional tol sepenuhnya ada diranah pemerintah pusat. 
 
"Untuk fungsional kita menunggu arahan pusat, yang jelas tugas kami melaporkan progresnya, termasuk jika nanti sudah selesai, langsung kita laporkan, untuk fungsionalnya kita ngikut kebijakan dari pusat saja," katanya.
 
Meski belum bisa memastikan kapan Tol Pekanbaru - Bangkinang ‎mulai difungsionalkan, Bambang memperkirakan pada mudik lebaran idul fitri tahun ini sudah bisa dibuka.
 
‎"Tanggal 20 april ini target kita sudah bisa dilwarti, ini khususnya untuk ruas pekanbaru - bangkinang ya. Insyaallah ‎mudik lebaran bisa dilakukan untuk uji coba, tapi itu kebijakan tetap dari pusat,"‎ ujarnya. 
 
Seperti diketahui, tol Pekanbaru - Bangkinang merupakan koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru - Padang sepanjang 254 kilometer. Sedangkan untuk tol Pekanbaru - Bangkinang memili main road sepanjang 40 km. 
 
Tol Pekanbaru-Bangkinang memiliki 6 jembatan dan 2 rest area. Jarak dari Pekanbaru-Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit. Sedangkan Jarak tempuh Tol Pekanbaru - Bangkinang 30 dampai 45 menit. 
 
Tol Pekanbaru-Bangkinang berada di jalan bypas Pekanbaru-Bangkinang depan RM Pak Abbas  tembusnya di jembatan Kuok.  Sedangkan untuk Tol Pekanbaru - Padang terdiri dari 6 (enam) seksi yaitu Seksi I Padang-Sicincin (36,15km), Seksi II Sicincin-Bukittinggi (38km), Seksi III Bukittinggi-Payakumbuh (34km), Seksi IV Payakumbuh-Pangkalan (58km), Seksi V Pangkalan-Bangkinang (56km) dan Seksi VI Bangkinang-Pekanbaru (40km).*