Nasional

Banjir Rendam Dua Kecamatan di Kapuas Hulu Kalbar

Kapuas Hulu - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan sehubungan bencana banjir yang telah melanda dua kecamatan di wilayah tersebut.
 
"Kami terima laporan Kecamatan Boyan Tanjung dan Bunut Hulu sudah dilanda banjir dengan ketinggian debit air rata-rata 40 centimeter, kami minta masyarakat waspada," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kapuas Hulu M Yunus, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.
 
Banjir yang melanda dua kecamatan tersebut disebabkan curah hujan beberapa hari terakhir, namun untuk saat ini banjir masih level aman.
 
Menurut dia, di Kecamatan Bunut Hulu banjir merendam sejumlah desa dataran rendah yaitu Desa
 
Temuyuk, Desa Suruk, Desa Beringin, Desa Bakong Permai, Desa Pantas Bersatu, Desa Semangut Utara dan Desa Nanga Semangut.
 
"Banjir merendam sejumlah pemukiman penduduk serta sejumlah fasilitas umum seperti jalan dan jembatan," jelas Yunus.
 
Dengan kondisi curah hujan yang cukup deras beberapa hari terakhir, Yunus meminta masyarakat khususnya yang berada di pesisir sungai Kapuas dan dataran rendah untuk selalu waspada terhadap bencana alam khususnya banjir.
 
Mengimbau masyarakat waspada, apabila ada bencana segera laporkan kepada petugas baik desa, kecamatan mau pun langsung menghubungi BPBD Kapuas Hulu, kata Yunus.
 
Pewarta : Antara
Editor : MD Yasir