Sport

Brasil Sukses Taklukkan Prancis

Porto Alegre : Tuan rumah Brasil berhasil mengalahkan tamunya Prancis 3-0 dalam laga persahabatan di Arena do Gremio, Senin (10/6) dinihari WIB. Gol kemenangan Brasil dicetak Lucas melalui tendangan penalti, Hernanes, dan Oscar.
 
Awalnya, laga berlangsung seimbang. Namun setelah 10 menit berjalan, tuan rumah yang masih tetap mengandalkan Fred, Hulk, dan Neymar banyak melakukan tekanan ke daerah pertahanan Prancis. Meski hanya persahabatan, pertandingan berlangsung cukup keras. Beberapa kali wasit Carrillo menghentikan pertandingan akibat pelanggaran yang dilakukan para pemain dari kedua tim. 
 
Menit 17, Brasil mendapat peluang membuat gol setelah Neymar dijatuhkan di depan kotak penalti. Namun, sayang tendangan bebas Neymar membentur pagar para pemain Prancis. 
 
Sementara itu, Prancis yang menempatkan Karim Benzema di garis depan, masih kesulitan mengembangkan permainan. Serangan yang disusun Cabaye, Guilavogui, dan Payet gampang dipatahkan lini belakang Brasil yang dikawal Thiago Silva, David Luiz, dan Marcelo.
 
Neymar kembali gagal memanfaatkan kesempatan pada menit 30. Umpan silang Oscar tak bisa diselesaikan pemain yang baru bergabung dengan Barcelona itu. Pada menit 44, umpan silang Marcelo lagi-lagi gagal diselesaikan Neymar. Hingga babak pertama berakhir, kedudukan masih imbang 0-0.
 
Di babak kedua, Brasil kembali tampil lebih agresif. Peluang pertama datang di menit 46. Namun, sayang tendangan Hulk masih melebar di sisi gawang Prancis. Satu menit kemudian giliran Prancis gagal mencetak gol setelah tembakan Cabae hanya menyamping tipis di sisi gawang Julio Cesar
 
Gol yang ditunggu-tunggu pendukung Brasil akhirnya terjadi pada menit 54. Lewat serangan dari sisi kanan, Fred melepas umpan tarik ke arah Oscar, yang meyelesaikannya dengan tendangan cukup keras. Menit 65 Fred hampir menambah keunggulan Brasil.
 
Di pertengahan babak kedua, pelatih Brasil, Luiz Felipe Scolari, memasukkan tiga pemain baru. Oscar, Hulk, dan Fred ditarik keluar diganti Lucas Moura, Fernando, dan Jo. Begitu juga tim tamu. Pelatih Prancis, Deschamps, menarik Benzema, Matuidi, Valbuena, diganti Grenier, dan Lacazette, dan Giroud.
 
Pergantian beberapa pemain ini ternyata cukup membawa pengaruh untuk tim tuan rumah. Brasil makin bersemangat menambah gol. Dan, akhirnya mereka menambah kemenangan menjadi 2-0 setelah tendangan Hernanes pada menit 85 gagal diantisipasi kiper Prancis Hugo Lloris.
 
Jelang laga berakhir, Brasil menambah lagi gol melalui tendangan penalti Lucas. Wasit menunjuk titik putih setelah pemain belakang Prancis menjegal Marcelo di dalam kotak penalti. Kedudukan menjadi 3-0. 
 
Susunan pemain: 
 
Brasil (4-2-3-1): Cesar (g); Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo; Fernando, Paulinho; Neymar, Oscar, Moura; Fred.
 
Prancis (4-2-3-1): Lloris (g); Sagna, Koscielny, Mangala, Tremoulinas; Capoue, Matuidi; Payet, Valbuena, Benzema; Giroud.(rep03)