Nasional

KJRI Jeddah di Bakar

Jakarta - Gedung Kantor Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi dibakar. Pembakaran ini terjadi setelah para TKI tidak mampu menahan emosinya.
 
Kejadian bermula saat sejumlah TKI (belum diketahui jumlah pastinya) antri untuk mendapatkan amnesti. Mereka adalah TKI yang bermasalah, sehingga mereka diminta mengurus Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP). SPLP ini sebagai awal untuk membuat paspor sehingga mereka tetap bisa tinggal di Arab Saudi.
 
Namun, karena berdesakan dan cuaca panas dan emosi tak terkendali, massa melakukan pembakaran. Belum diketahui motif pasti pembakaran tersebut.
 
"Sepengetahuan saya demo TKI di KJRI sudah terjadi beberapa bulan terakhir ini. Pembakaran KJRI nampak sebagai puncak amarah para TKI yang tidak juga jelas status mereka. Ini jelas menambah tumpukan masalah TKI yang tak kunjung terselesaikan," ujar anggota Komisi IX DPR Poempida Hidayatullah, dalam keterangan persnya, Senin (10/6/2013).
 
Belum diketahui kondisi terakhir dilokasi. Namun, aksi pembakaran KJRI ini dikabarkan berlangsung pada Minggu (9/6/2013) sekitar pukul 18.40 waktu setempat.(rep03)