Fokus Rohil

Ulah Bebasnya Bupati Rohul Suparman, KPK Pertimbangkan Sidang Korupsi di Jakarta

JAKARTA - Majelis Hakim Tipikor Pekanbaru telah memvonis bebas terpidana kasus korupsi Bupati Rokanhulu, Suparman pada (23/2) lalu. Komisi pemberatasan korupsi (KPK) masih mempertimbangkan akan membawa kasus korupsi yang melibatkan pejabat Pemerintah untuk disidangkan di Jakarta.

"Sejumlah pihak menyarankan agar sidang kasus yang melibatkan  penguasa di daerah dilakukan di Jakarta. Namun tentu KPK tidak bisa apriori dan skeptis sejak awal dengan pengadilan di daerah," kata juru bicara KPK Febri Diansyah melalui pesan singkat di Jakarta, Ahad (5/3) kemaren.

KPK mencoba untuk tetap percaya bahwa hakim di daerah pun akan independen. Kecuali, kata dia, pihaknya telah menemukan bukti-bukti kuat untuk membawa sidang tersebut di Jakarta.

"Kami memulai persidangan dengan kepercayaan bahwa hakim akan independen, imparsial dan profesional. Kecuali memang ada fakta-fakta yang sah secara hukum sebagai dasar pemindahan sidang," jelasnya.

Bercerita mengenai gagalnya jaksa KPK dalam menyeret Bupati nonaktif Rokanhulu ke dalam tahanan, bukan kali pertama terjadi bagi KPK. Masih ingat kata dia, saat itu mantan Wali Kota Bekasi Mochtar Muhammad yang juga divonis tidak bersalah oleh Pengadilan Tipikor Bandung 2011 silam.

Artinya KPK tidak akan berhenti pada putusan hakim tersebut. Pihaknya mengajukan kasasi karena yakin memiliki bukti kuat atas dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan Mochtar.

"Terdakwa KPK saat itu (Mochtar) divonis bebas, padahal kami yakin betul buktinya kuat. Setelah diajukan Kasasi, terbukti putusan PN dibatalkan MA dan terdakwa Mochtar Muhammad saat itu (akhirnya) divonis bersalah," jelasnya.

Maka lanjut dia, hal ini pun berlaku dengan divonis bebasnya Suparman. Jaksa KPK akan mengajukan kasasi kepada MA.

"Kami sudah pelajari pertimbangan hakim dan KPK akan ajukan Kasasi ke MA segera. Beberapa keterangan saksi dan fakta persidangan tidak dipertimbangkan oleh Hakim. Sejumlah kejanggalan tersebut akan kami uraikan secara utuh pada memori kasasi nantinya," kata dia.(repc/rd)