Fokus Rohil

di Hari Imlek, Bengkel Kapal di Bagansiapiapi Ludes Terbakar

BAGANSIAPIAPI - Rumah bengkel perkakas (bengkel kelengkapan kapal) di Jalan Utama Ujung Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko (Bagansiapiapi, red), Rokan Hilir milik Bujan Aman alias Ing alias Banding (62) terbakar. Kerugian ditaksir Rp1 miliar.

Kapolres Rohil AKBP Henry Posma Lubis, SIK, MH melalui Kasubag Humas Polres, Aiptu Yusran Pangeran Chery, Sabtu (28/1) menerangkan, pemilik bengkel tinggal di Jalan Bawal Kelurahan Bagan Timur, bengkel itu dijaga Makmur.

Pukul 05.00 WIB, Makmur mendengar gonggongan anjing dari dalam bengkel dan dia langsung melihat kedalam bengkel, namun tidak melihat adanya api.

Pukul 05.20 WIB istri Makmur, Jumiati hendak mencuci piring, melihat kedalam rumah tepatnya didalam gudang tempat pembakaran besi ada cahaya terang sekali tidak seperti biasanya dan langsung memberitahukan kepada suaminya.

Setelah dicek kedalam gudang sudah terlihat api dan semakin membesar, Makmur hendak melakukan pemadaman, namun gudang tersebut dalam keadaan terkunci.

Selanjutnya Makmur berusaha menyelamatkan diri dan keluarganya karena tidak bisa berbuat apapun untuk memadamkan api yang sudah mulai membesar dan langsung menelpon pemilik gudang untuk memberitahu kejadian tersebut.

Pukul 06.00 WIB, pemadam kebakaran dengan menurunkan dua unit mobil damkar dan dua unit mesin amphibi, dibantu masyarakat sekitar dengan alat seadanya. Material bangunan yang dominan terbuat dari papan membuat api dengan cepat membakar rumah bengkel tersebut.

“Adapun dugaan sementara kebakaran terjadi akibat korsleting arus listrik dari dalam gudang bengkel pembakaran besi. Api baru bisa dipadamkan sekira Pukul 08.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, namun pemilik rumah bengkel mengalami kerugian ditaksir Rp1 miliar,” jelas Chery.(rtc/ar)