Sosialita

Internet Explorer 10, Browser Paling Hemat Energi

Jakarta - Microsoft mengklaim versi browser teranyar mereka, Internet Explorer 10 adalah browser paling efisien di sisi pemakaian energi pada saat ini.
 
Klaim Microsoft tersebut didasarkan pada studi dari Center for Sustainable Energy Systems. Microsoft mengatakan bahwa bila dibandingkan dengan Mozilla Firefox atau Google Chrome, Internet Explorer 10 menggunakan energi yang lebih hemat hingga 18%.
 
Microsoft mengklaim jika setiap pengguna Firefox dan Chrome di AS beralih ke IE10, energi yang tersimpan bisa digunakan untuk 10 ribu lebih rumah. Bayangkan berapa rumah yang bisa tercakup jika studi ini menghitung pemakaian browser IE10 di seluruh dunia.
 
Perbedaan konsumsi energi yang menjadi paling menonjol adalah ketika sejumlah browser tersebut digunakan untuk memutar video HTML5 dan Flash, IE10 memiliki konsumsi energi yang paling rendah.
 
Dalam setiap tes yang diujikan di laptop dan PC, IE10 menghasilkan konsumsi energi terendah dari browser lainnya.
 
Menurut Slashgear, hasil studi ini memang sangat dipengaruhi sifat IE10 yang merupakan browser asli atau bawaan Windows 8, dimana dua browser lainnya adalah dari pihak ketiga.(rep03)