Fokus Rohil

Tanamkan Aqidah, Polsek Bangko Rohil Bentuk Program Mengaji

BAGANSIAPIAPI - Kepolisian Sektor (Polsek) Bangko membentuk program "Polsek Bangko Mengaji". Kegiatan berupa tahsinul Quran merupakan kegiatan untuk memperbaiki bacaan Al-Quran. Kegiatan keagamaan yang perdana dilaksanakan di Rohil ini di ikuti sejumlah personil dan jajaran polsek bangko.

Pembukaan program Tahsinul  Quran ini dibuka secara resmi oleh Kapolsek Bangko, AKP Agung Tri Adiyanto Sik, Senin (12/12) kemaren. Program ini akan di selenggarakan secara rutin di Mushala Catur Sakti, Jalan Perwira, Bagansiapiapi. Mushola ini merupakan mushala yang berada di lingkungan Polsek Bangko.

Tema yang diangkat dalam peresmiannya adalah "Al Qur'an Melembutkan Hati yang Keras dan Menyembuhkan Hati yang Luka". Kapolsek Bangko menyampaikan harapannya agar kegiatan memperbaiki bacaan Al Quran ini bisa dilaksanakan secara rutin dan semakin ramai personil yang ikut.

Karena dengan mempelajari dan memahami Al Quran yang benar dapat mencerminkan kualitas beragama seseorang, semakin bagus kualitas beragamanya tentu semakin baiklah akhlak, sikap dan mental seorang personil Polri dalam melaksanakan dinas sehari-hari.

"Tentunya dengan hal ini juga diharapkan dapat menjadi personil yang jujur serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, karena mereka sadar bahwa apa yang personil lakukan akan dipertanggungjawabkan kepada Allah dan bukan kepada pimpinannya saja. Jadi harapan saya kita bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah," kata Kapolsek.

Dikatakan Kapolsek lagi, jika qalbu sehat maka sehat pula semua pada diri para personil, dengan demikian solusi terbaik untuk menyehatkan qalbu adalah dengan cara mendekatkan diri dengan Al Qur'an.

"Dengan harapan agar Allah menjaga iman kita dan mengikhlaskan niat kita untuk mengabdi kepada negara ini dengan sebaik mungkin sebagai amanah," terang Kapolsek.

Kegiatan Tahsin ini tidak hanya diikuti oleh personil Polri saja akan tetapi diikuti instansi lain baik negeri maupun swasta serta terbuka juga untuk umum. Hal ini dapat meningkatkan sinergisitas antar instansi maupun ukuwah yang baik kepada masyarakat. Dimana, selain berbaur dalam mendalami dan memperbaiki bacaan Al Quran, juga akan terjalin hubungan baik antara Polri dan masyarakat.

Secara teknisnya, Kapolsek Bangko telah menunjuk sebagai Ketua Mushala dan Pembina Kegiatan Tahsin yakni Bripka Oky Fitroyudi. "Mushala Catur Sakti sudah memiliki pustaka mini. Alhamdulillah kita sudah menerima puluhan buku-buku Syar'i dari hamba Allah dan Alhamdulillah kemarin kita juga menerima 10 Mushaf Al Quran cetakan Madinah dari hamba Allah," kata Oky.

Bripka Oky Fitroyudi juga menyampaikan, bahwa kelas Tahsin dibuka sebanyak 2 kelas, yang akan bertindak sebagai guru Tahsin adalah Ustadz Muhammad Ridho Julkar, yang merupakan murid dari Ustadz Murtadho.

"Mushala ini masih kekurangan Al Quran (Mushaf Cetakan Madinah) dan buku-buku Syar'i. Kemudian kami juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat bahwa Mushala Catur Sakti ini terbuka untuk umum, baik untuk menimba ilmu maupun untuk menunaikan sholat berjamaah," Pungkasnya. (to)