Riau Raya

Di Kawasan Sumatera, Riau Masih Rajanya Hotspot

Pekanbaru-Provinsi Riau masih menjadi wilayah penyumbang titik hotspot terbanyak di Pulau Sumatera. Hal itu akibat masih terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Bumi Lancang Kuning.
 
Berdasarkan pantauan satelit Terra-Aqua Badan Meteorologi Klimatilogi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Jumat (19/8/2016), terdeteksi sebanyak 29 hotspot yang tersebar di Provinsi Riau.
 
Hotspot tersebut berada di Kabupaten Rohul 14 titik, Dumai 7 titik, Bengkalis 6 titik, Rohil 1 titik, dan Inhil 1 titik. Sedangkan di Pulau SumatEra secara keseluruah terdapat 67 hotspot. Titik panas itu tersebar di Provinsi Sumsell 15 titik, Sumut 7 titik, Sumbar 5 titik, Lampung 4 titik, dan Aceh 1 titik.
 
"Riau masih penyumbang titik hotspot terbanyak di Sumatera," kata Kasi Data dan Informatika BMKG stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi, kepada Riaupos.co.
 
Untuk hotspot Level Confident di atas 70 persen, imbuh Slamet, ada 21 titik yang tersebar di Rohil (9), Bengkalis (6), dan Dumai (4). "Sedangkan di Rohul dan Inhil masing-masing satu titik," tutupnya.(rep05/rpc)