Fokus Rohil

Pemkab Rohil Minta SKPD Pro Aktif Dapatkan Dana DAK Dari Pemerintah Pusat

Plt. Surya Arfan

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) meminta Jajarannya untuk segera mengusulkan Program dari Dana Alokasi Khusu (DAK) untuk tahun 2017 mendatang. Pasalnya, Program dari DAK ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin mengingat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rohil yang setiap tahunnya terjadi penurunan.

Surya Arfan menjelaskan, Peran serta SKPD yang mendapatkan DAK di Rohil juga di minta untuk proaktif, sehingga bisa untuk segera diusulkan. Ia juga mengatakan SKPD yang rutin mendapatkan DAK setiap tahunnya diantaranya Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP), Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR), Dinas kesehatan (Diskes).

"kita telah melakukan Rapat DAK 2017 bersama seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Jadi, jangan sampai ada SKPD yang tidak mengusulkannya. Karena program ini menurutnya salah satu alternatif agar bisa membantu program yang penting melalui dana pemerintah Pusat, "kata Plt Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, Rabu (25/5) di Bagansiapiapi.

Kemudian, lanjutnya, Dinas pendidikan (disdik), Kantor Pemberdayaan Perempuan dan keluarga berencana (KPPKB), Dinas perikanan dan kelautan (diskanlut), serta yang berkaitan dengan industri/pasar, oerumahan, air minum dan sanitasi, kedaulatan pangan. lingkungan hidup dan kehutanan, energi skala kecil, transportasi, saran perdagangan, IKM serta Pariwisata, "terang Surya Arfan.

"kita minta minggu depan Setiap SKPD paling lambat sudah mengusulkannya ke badan perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Kemudian usulan itu nantinya diteruskan kepihak kementrian PPN atau Bappenas, "tegas Surya Arfan. (adv/hms/krydi)