Fokus Rohil

Diskanlut Segera Salurkan Bantuan Boat ke Nelayan

m Amin

BAGANSIAPIAPI - Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam waktu dekat akan menyalurkan bantuan Armada Boat berkapasitas 1 Gross Tonnage (GT) dan 3 Gross Tonnage kepada nelayan pesisir rohil. Bantuan Armada berupa boat yang dilengkapi alat pendeteksi ikan (Fish Finder) ini diberikan agar nelayan dalam melaut bisa berlayar lebih jauh ketengah.

Demikian dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Kadiskanlut Rohil, M Amin Spi, Senin (2/5) di Bagansiapiapi. Untuk Nelayan pesisir seperti nelayan Bagansiapiapi, Panipahan, dan sinaboi tahun 2016 ini selain akan diberikan bantuan alat tangkap perikanan juga akan diberikan bantuan Armada Boat sebanyak 40 unit.

40 Unit armada yang akan diberikan kepada nelayan itu berkapasitas 3 GT sebanyak 20 unit dan 1 GT sebanyak 20 unit.

"Untuk proposal dari nelayan yang mengajukan bantuan armada boat itu saat ini sudah sangat banyak yang masuk kediskanlut Rohil, namun untuk menyalurkannya kita tetap melakukan seleksi dengan turun langsung kelapangan," kata Amin.

Dijelaskan Amin, Berbagai bantuan berupa alat tangkap maupun armada yang diberikan kepada nelayan tujuannya lain tidak lain untuk meningkatkan perekonomian masyrakat disektor perikanan. Selain itu, Bantuan itu juga sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mengembalikan kejayaan yang dulunya pernah diraih sebagai penghasil ikan terbesar didunia setelah negara norwegia.

Dilanjutkan, selain memberikan bantuan kepada alat tangkap dan Armada kepada nelayan, Diskanlut tahun ini juga masih memfokuskan dua program andalan yakni perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

"Perikanan tangkat dan perikanan budidaya tetap kita laksanakan. Karena dua program ini sangat diyakini akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Rohil," ungkapnya.(adv/hms/krydi)