*Dianggarkan Tahun Depan

Plt Sekda Tak Ingin Robohnya Tembok Makam Terulang Kembali

Plt. Surya Arfan

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan menganggarkan dana Perawatan Makam Pahlawan Kesuma Bakti Bagansiapiapi, Perbaikan ini akan di Anggaran Pendapata Belanja Daerah (APBD) 2017 mendatang. guna merawat para pejuang bangsa dizaman penjajahan itu tetap terawat dengan baik.

"Kita tidak ingin bencana robohnya tembok makam pahlawan kesuma bakti tidak terulang lagi. Walaupun yang roboh itu cuma tembok, namun jasa pahlawan yang ada dimakam itu harus kita hargai dan dihormati. Karena puluhan makam yang ada disitu merupakan pejuang bangsa dizaman penjajahan, "kata Pelaksana tugas (Plt) Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi, Senin (2/5) di Bagansiapiapi.

Robohnya tembok taman makam pahlawan kesuma bakti membuat beberapa makam para pahlawan rusak karena ditimpai oleh reruntuhan tembok. "untuk saat ini kita fokus dengan pembangunan tembok yang roboh. kemudian pada tahun 2017 mendatang akan kita anggakan dana perawatannya, "janji Surya Arfan.

Kepala BKP Rohil ini optimis jika adanya dana perawatan diyakini tembok makam pahlawan itu tdak roboh. pihaknya merasa kaget ketika turun langsung melihat tembok yang roboh. Salah satu lantai keramik dimakam itu yang biasanya digunakan untuk upacara menghormati leluhur para pejuang juga terjadi kerusakan berat.

"saat ini kita fokus untuk memperbaiki bangunan yang rusak itu secepat mungkin. Jadi, kalau ada kegiatan pemkab rohil, makam itu bisa digunakan seperti biasanya memberikan penghormatan kepada leluhur para pejuang bangsa tersebut, "pungkasnya. (adv/hms/krydi)