Sport

Sebelum 12 Mei 2016, Pembekuan PSSI akan Dicabut

JAKARTA – Juru bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S Dewa Broto menyatakan Presiden RI, Joko Widodo telah meminta pencabutan PSSI segera direalisasikan. Gatot menyatakan Jokowi meminta pencabutan tersebut dilakukan sebelum kongres FIFA di Meksiko, 12 Mei 2016.
 
Gatot menambahkan bahwa pemerintah sudah dalam tahap akan mencabut pembekuan PSSI. Meski sebelumnya, sempat tersiar kabar bahwa pihak Kemenpora ingin mengajukan PK (Peninjauan Kembali) terkait putusan MA. Namun, pria yang juga menjabat sebagai Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga ini menjelaskan bahwa pihak Kemenpora telah mengurungkan niatan tersebut.
 
“Kami akan menjalankannya. Saat ini arahnya adalah sudah ke pencabutan pembekuan. Kami mengaju kepada amanat presiden. Beliau mengatakan akan menyelesaikan masalah PSSI sebelum kongres FIFA di Meksiko,” ujar Gatot, dalam diskusi yang bertajuk Bola Panas: Setahun Pembekuan PSSI di Kantor Okezone, Jakarta, Selasa (26/4/2016).
 
“Kami memang sempat mempertimbangkan PK. Namun yang namanya PK syaratnya berat dan itu tidak akan membatalkan keputusan MA,” lanjutnya.
 
Pembekuan PSSI sendiri sudah berlangsung selama satu tahun. Akibat dari pembekuan ini para pemangku kepentingan di dunia sepakbola Tanah Air seperti kehilangan mata pencariannya.(rep05)