Fokus Rohil

SMAN 5 Bangko Pusako Rohil Terima Ratusan Bantuan Pohon

BANGKO PUSAKO - Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memberikan bantuan bibit pohon pelindung bagi pihak kesekolah mengusulkannya kedisbun Rohil. Salah satu sekolah yang diberikan bibit pohon pelindung adalah sekolah SMAN 5 Bangko Pusako yang sebelumnya telah mengusulkan bantuan pohon pelindung ke Disbun.

"ini Sudah tahap kedua kita diberikan bibit pohon pelindung oleh disbun sebanyak 135 batang yang berjenis Matoa sebanyak 85 batang, Mahoni sebanyak 20 batang, dan gaharu sebanyak 30 batang. Untuk tahap pertama kemaren kita juga telah menerima bibit sebanyak 300 batang dengan jenis pohon yang berbeda, "kata Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 5 Bangko Pusako, Ismail Jabar Spd MM, Jumat (22/4) kemaren.

Dikatakan Ismail, pihaknya sengaja mengusulkan bibit pohon pelindung agar perkarangan sekolah terlihat rindang dan dipenuhi pepohonan pelindung. "semua bibit pohon bantuan dari pihak Disbun Rohil ini akan kita tanami disetiap sudut perkarangan sekolah, "ujar Ismail.

Untuk menanami pohon-pohon tersebut akan dilakukan langsung oleh dirinya dan dibantu dengan para majelis guru secara bergotong royong. "untuk saat ini bibit yang diberikan oleh disbun sudah cukup, jika memang masih kurang maka nanti akan kita usulkan lagi kedisbun Rohil. Namun, jika memungkinkan kita kekurangan itu akan kita coba untuk mengusulkan bibit pohon buah-buahan, "tutupnya.

Sementara itu kadisbun Rohil, Syahril S Sos ketika dihubungi membenarkan bahwa  instansinya ada program 1 miliar pohon. Siapa saja yang mengusulkan akan kita berikan termasuk masyarakat.

"kita siap memberikan bibit pohon secara gratis kepada pihak yang mengusulkannya kedisbun rohil. Kalau untuk sekolah sudah ribuan yang kita bagikan, jika masyrakat ingin membentuk kelompok maka kita siap memberikan bibit pohon pelindung tersebut,"ungkapnya. (adv/hms/krydi)