*Disdik Masih Anggarkan Beasiswa

UGM dan IPB Sasaran Beasiswa Rohil Yang Berprestasi

UGM

BAGANSIAPIAPI - Dinas pendidikan (Disdik) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) kembali menganggarkan beasiswa yang memiliki prestasi sebanyak 30 orang. Siswa-siswa itu nantinya akan dikuliahkan diperguruan tinggi seperti di Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institit Pertanian Bandung (IPB).

"Beasiswa itu nantinya akan diberikan khusus kepada siswa yang benar-benar berprestasi, Disdik sendiri akan menyeleksi seluruh sekolah tingkatan SMA/Sederajat untuk diambil sebanyak 30 siswa dengan cara melakukan seleksi sesuai dengan kemampuan dan prestasi yang dimiliki siswa tersebut, "kata Kadisdik Rohil, Ir H Amiruddin MM, Selasa (29/3).

Selekasi yang akan dilakukan menurut mantan Kadisdukcapil Rohil ini berdasarkan prestasi yang diraih oleh siswa tersebut. Selain itu, para siswa itu nantinya juga akan mengikuti tes dari kedua Universitas yang telah melakukan kerjasama dengan pemkab rohil. Nah, Bagi yang lulus tes tersebut itulah yang berhak kuliah dengan dibiayai oleh pemkab rohil, "terang Amiruddin.

Menurutnya lagi, Program pemberian Beasiswa itu sebelumnya juga telah dilaksanakan oleh pemkab rohil dengan dibiayai selama empat tahun untuk menyelesaikan studinya diuniversitas UGM mapun IPB. Namun, jika dalam empat tahun siswa itu tidak juga bisa menyelesaikan studinya, maka biaya selanjutnya akan ditanggung oleh masing-masing siswa,"ujarnya.

Program beasiswa ini salah satu program pemerintah daerah untuk meningkatkan Sumber daya manusia (SDM) yang saat ini masih lemah. "jika siswa itu telah menyelesaikan studinya, maka siswa tersebut harus mengabdi dengan bekerja dipemkab Rohil. Jangan telah dikualihkan pemkab tapi bekerja didaerah lain, hal yang sedemikian tentulah tidak kita inginkan,"ucap Amiruddin.(adv/hms/krydi)