Fokus Rohil

Rasyid Abizar Pimpin Ketua Harian LAM Rohil

BAGANSIAPIAPI - Pengurus Lembaga Adat Melayu Rokan Hilir (Rohil) resmi terbentuk pada pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) yang dilantik ketua umum harian LAM Riau Al Azhar di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Rabu (23/3) malam.

Dalam Musda tersebut terpilih sebagai ketua Majelis Kerapatan Adat Marzuki, ketua umum Dewan Pimpinan Harian, Rasyid Abizar dan ketua dewan Kehormatan Surya Arfan dengan masa jabatan lima tahun kedepan. Dalam kesempatan itu Azhar mengaku gembira bahwa pelaksanaan musda berlangsung dengan baik dan lancar sehingga menghasilkan satu kepengurusan yang solid untuk LAM kedepanya

"Diharapkan kepada pengurus yang terpilih dan dikukuhkan bisa menjadi bagian dan saling menyatu untuk mencari solusi permasalahan-permasalahan orang maupun kebudayaan Melayu pada umumnya," kata Al Azhar.

Azhar yakin LAM Rohil mampu memainkan peran strategisnya untuk pelestarian dalam pengertian menggali, membina, melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan kebudayaan Melayu untuk diaktualisasikan ditengah-tengah.

LAM terangnya, harus bisa membuktikan bahwa kebudayaan Melayu itu adalah kebudayaan yang tahan zaman, artinya tidak anti perubahan tapi justru mampu menyerap perubahan yang didasari atas nilai-nilai luhur, adat dan budaya Melayu.

Wakil bupati Rohil Erianda hadir sekaligus menutup kegiatan Musda LAMR I berharap kepada pengurus yang baru dilantik segera menyusun program kerja lima tahun kedepan. "Kepada pengurus LAM untuk memberitahukan kepada masyarakat dan anak sekolah tentang adat budaya melayu Rohil. Kalau bisa setahun sekali itu harus ada kegiatan pawai adat Melayu," ujarnya kepada rpg.

Ketua Dewan Kehormatan LAMR Rohil Surya Arfan menambahkan, kegiatan Musda ini baru pertama kali terbentuk dan dilaksanakan selama dua hari. "Kami mengharapkan selaku orang-orang yang diberikan amanah ini mudah-mudahan dapat menjalankannya dengan baik, dukungan masyarakat juga sangat kami harapkan," katanya. (adv/hms/kryadi)