Fokus Rohil

Bupati Janji Tak Intervensi Musda LAM Rohil

BAGANSIAPIAPI - Menjelang penyelenggaraan Musyawarah Daerah (Musda) Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang akan dibuka pada Rabu (16/3) malam esok, Berbagai persiapan saat ini telah dimatangkan. Agar budaya melayu dinegeri seribu kubah kedepannya bisa lebih terangkat maju dan berkembang, Ketua dan pengurus yang akan mengisi kelembagaan ini harus diisi oleh orang-orang yang berpengalaman dan menguasai adat istiadat budaya melayu.

"Pemkab akan mendukung penuh penyelenggaraan Musda LAM Rohil dan tidak akan melakukan intervensi apapun mengenai siapa pemimpin maupun pengurus yang akan mengisi LAM Rohil. Namun, kita berharap orang-orang yang nantinya mengisi LAM Rohil itu haruslah orang yang benar-benar mampu menerapkan adat istiadat dan mengembangkan budaya melayu dinegeri yang kita cintai ini, "kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp disela-sela melakukan Rapat persiapan Musda LAM Rohil, Selasa (15/3) di Bagansiapiapi.

Dikatakan Suyatno, Musda itu nantinya akan diikuti lebih kurang 200 peserta yang terdiri dari masing-masing kecamatan sebanyak dua peserta ditambah dengan para tokoh masyarakat Rohil. Dari sekian banyak peserta itu tentunya telah memiliki pilihan siapa calon yang akan memimpin organisasi adat ini. "siapapun ketuanya yang terpilih dalam musda nanti itulah yang terbaik, namun kita berharap pemimpin terpilih itu harus bisa mengemban tugasnya untuk menerapkan adat istiadat dan mengembangkan budaya melayu, "harapnya.

Pemkab rohil sendiri akan tetap membantu dan memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh LAM Rohil dengan menganggarkan anggarannya lewat APBD Rohil setiap tahunnya. Hal ini semata-mata agar adat istiadat dan budaya melayu tidak hilang dan bisa dikembang tumbuhkan dibumi lancang kuning ini khususnya didaerah rokan hilir. " mengenai gedung sudah tidak ada masalah lagi, karena kita telah bangun gedung LAM Rohil dengan megah yang letaknya sangat strategis dipusat perkantoran, batu enam Bagansiapiapi, "katanya.

Pemkab Rohil berharap Musda itu nantinya berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Selain itu, dirinya juga berpesan kepada panitia yang telah terbentuk untuk bekerja dengan semaksimal mungkin. "siapkan sesuatunya mulai dari melakukan pembenahan lokasi penyelenggaraan musda, penyebaran undangan di 12 kabupaten/kota yang ada diriau, dan keperluan lainnya yang dibutuhkan, "pungkasnya. (adv/hms/karyadi)