*Bangun Makodim

Bupati Suyatno Dapat Pujian Dari Plt Gubri

BAGANSIAPIAPI - Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri) Arsyadjuliandi Rachman memuji Bupati Rokan Hilir Suyatno atas kerja keras dan upayanya sehingga Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0321 Rohil yang sangat megah dapat diresmikan.

"Kita (Pemprov Riau, red) mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rohil. Bangunan Makodim yang bagus, serta bisa langsung mendatangkan Pangdam I BB di sini,"katanya, Rabu (24/2).

Menurutnya, keberadaan Makodim sangat penting sebagai bagian tugas teritorial. Riau yang memiliki penduduk sebanyak 6,3 juta jiwa, menurutnya, dihadapkan pada persoalan komplek, termasuk gangguan keamanan. Dengan daerah luas, maka tugas berat menanti di depan mata.

Ada beberapa kabupaten yang memiliki peran strategis secara nasional karena keberadaan sumber minyak dan gas (migas) dan menjadi sektor perkebunan. Karena itu, mereka mendapatkan perhatian nasional.

Sementara itu, masalah lain yang kerap terjadi di Riau adalah musibah alam banjir dan kebakaran lahan dan hutan (karlahut). Beruntung, lanjutnya, upaya penanganan dapat dilakukan dengan koordinasi baik antarseluruh pihak, termasuk jajaran TNI.

Begitu juga, keberadaan komando distrik militer (dandim) diharapkan dapat membantu tugas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengatasi masalah yang ada, seperti karlahut ataupun banjir.

Karena itu, Plt Gubri mengharapkan, kedepan daerah kabupaten/kota yang masih belum memiliki kodim sendiri bisa mencontoh langkah yang dilakukan Pemkab Rohil. Karena, ini semua demi kepentingan bersama.

"Ini merupakan keberhasilan yang luar biasa dilakukan Bupati Rohil Suyatno. Kami sampaikan ucapan terima kasih. Mudah-mudahan, bupati dapat melaksanakan tugas dengan baik ke depannya," kata Gubri. (adv/humas/di)