Riau Raya

Masyarakat Riau Diimbau untuk Melihat Gerhana Matahari Total

Pekanbaru-Masyarakat saat ini tengah dihebohkan oleh salah satu fenomena alam yang pernah mampir di Indonesia sejak tahun 1901 lalu dan pada tanggal 9 Maret 2016 nanti, fenomena gerhana matahari total (GMT) itu akan terulang kembali.
 
Seluruh wilayah di Indonesia dapat melihat, GMT hanya terjadi di Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016 besok. Tetapi GMT hanya bisa dilihat di 12 provinsi di Indonesia. provinsi yang bisa melihat GMT secara penuh tersebut yaitu Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Maluku Utara.
 
Anggota Komunitas Astronomi Riau Indonesia, M Agus Salim mengatakan Kota Pekanbaru termasuk kota yang bisa melihat gerhana matahari ini. Tetapi gerhana matahari yang bisa terlihat nanti tidak total atau tidak penuh.
 
"Gerhana matahari nanti akan tampak 89%-91% saja, tidak total dan penuh. Dengan waktu konjungsi gerhana matahari akan terjadi pada pukul 07.22 WIB," ujar M Agus Salim.
 
M Agus Salim menyampaikan dampak yang ditimbulkan oleh gerhana matahari total nanti hanya gelap saja dan tidak berpengaruh terhadap organ tubuh manusia.
 
"Tapi disini kita sarankan kepada masyarakat yang ingin melihat menggunakan alat khusus yaitu kacamata filter gerhana matahari dan alat tropong khusus agar gerhana matahari bisa terlihat dengan jelas," kata M Agus Salim.
 
Anggota Komunitas Astronomi Riau Indonesia ini juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin melihat GMT datang lansung ke Stadion Utama Riau Jalan Naga Sakti Panam, Rabu (9/3/2016) pagi sebelum pukul 07.22 WIB.
 
"Selain melihat gerhana matahari disini juga akan digelar juga sholat gerhana, dan akan melakukan diskusi-diskusi mengenai gerhana matahari total," tukas M Agus Salim.
 
Untuk diketahui bersama kepada seluruh masyarakat Kota Pekanbaru yang ingin melihat GMT, silahkan datang langsung ke Stadion Utama Riau karena Komunitas Astronomi Riau Indonesia akan menyediakan 4 alat untuk melihat langsung gerhana yang terjadi di Indonesia pada tahun 2016 ini.(rep05/rpc)