Nasional

Waduh, 706.860 Siswa Tak Boleh Ikut SNM PTN

Panitia seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2016 telah menuntaskan distribusi kuota pelamar. Hasilnya hanya 1.362.849 siswa kelas XII yang boleh mendaftar SNM PTN. Padahal total data siswa SMA tingkat akhir yang masuk ke database panitia sebanyak 2.069.709 siswa.
 
Jika seluruh siswa yang masuk kuota itu mendaftar, maka rekor pendaftaran SNM PTN selama ini terpecahkan. Tahun lalu jumlah pendaftar SNM PTN ada 852.093 siswa. Sedangkan di periode 2014, pendaftar SNM PTN tercatat 777.536 anak. Tapi panitia lebih bersikap realistis dan memprediksi tidak akan semuanya mendaftar SNM PTN.
 
Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Humas SNM PTN 2016 Bambang Hermanto menuturkan, sejak awal panitia sudah menginformasikan bahwa tidak semua siswa kelas XII bisa mendaftar SNM PTN. ’’Karena mulai tahun ini diberlakukan pembagian kuota berdasarkan akreditasi sekolah,’’ katanya kemarin.
 
Pegawai Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung itu mengatakan sebanyak 706.860 siswa yang tidak masuk kuota SNM PTN diharap tidak kecil hati. Mereka tetap memiliki peluang untuk kuliah di kampus negeri. Caranya adalah mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) 2016 atau seleksi mandiri yang digelar masing-masing kampus.
 
Dia menjelaskan penetapan kuota berdasarkan akreditasi di setiap sekolah itu bersifat final. Maksudnya sudah tidak bisa diganti-ganti lagi. Baik oleh panitia SNM PTN maupun oleh sekolah. Dia mencontohkan ketika ada siswa yang masuk kuota boleh mendaftar SNM PTN, tetapi tidak mendaftar, kuotanya tidak boleh diganti siswa lain. Jadi dibiarkan kosong.
 
Bambang lantas menyampaikan perkembangan pendaftaran SNM PTN di hari kedua. Dia menjelaskan jumlah pendaftar total sampai pukul 16.16 kemarin ada 14.647 siswa. Dari jumlah tersebut masih 8.361 siswa yang sudah finalisasi pendaftaran. ’’Sementara jumlah pelamar SNM PTN yang mengajukan bidikmisi ada 979 siswa,’’ pungkasnya.
 
Ketua Umum SNM PTN 2016 Rochmat Wahab menjelaskan meskipun berupaya realistis, panitia berharap seluruh siswa yang masuk dalam kuota mendaftar SNM PTN. Tetapi dia menuturkan panitia tidak bisa memaksakan juga. Tahun lalu misalnya, dari 2,4 juta siswa SMA tingkat akhir yang mendaftar SNM PTN hanya 852 ribuan siswa. (rep05/rpc)