Fokus Rohil

10 Praja IPDN Asal Rohil Lakukan Penelitian

BAGANSIAPIAPI - Sebanyak 10 orang praja Institut Pemerintahan Dalam Negri (IPDN) Kampus Jatinangor, Jawa Barat melakukan penelitian dikabupaten Rokan Hilir (Rohil). Semua Praja itu tergabung dalam angkatan XXIII asal utusan Kabupaten Rokan Hilir. Sebelum penelitian dimulai, para praja itu melakukan Audiensi dengan Bupati H Suyatno, Plt Sekda Surya Arfan dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Roy Azlan, Jumat (8/1) pagi diruangan rapat Bupati Rohil.

Kedatangan para praja asal rohil itu disambut langsung oleh Bupati dan langsung memberikan arahan terkait penelitian yang akan dilakukan."Kita menyambut baik kedatangan praja IPDN, apalagi para praja yang datang ini semuanya putra terbaik Rokan Hilir yang kuliah di Jatinangor, "kata Suyatno.

Suyatno yang merupakan alumni Praja IPDN ini juga meminta agar para Praja itu bisa menunjukkan kelakukan baik, menjaga nama baik kampus, korps serta displin selama menjalankan tugas di Rokan Hilir. "Laksanakan penelitian dengan sungguh-dungguh, displin dan silahkan minta data yang dibutuhkan, "pesannya.

Sementara itu Plt Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan Msi mengatakan kalau dirinya sudah memerintahkan kepala BKD Rohil untuk membuat surat kepada Satuan kerja perangkat daerah (SKPD), kantor kecamatan serta kelurahan yang menjadi sasaran para praja dalam melakukan penelitian. Dimana penelitian yang dilakukan praja IPDN ini berlangsung selama satu bulan kedepan, "ujarnya.

"Kita akan bantu namun diminta para praja kreatif sehingga apa yang dibutuhkan, khususnya data-data bisa diambil dari kantor yang menjadi sasaran penelitian, "janji surya Arfan. sebelum kedatangan praja IPDN ini sebelumnya sudah di informasikan bahwa praja itu melakukan penelitian dirohil. Adapun sasaran penelitiannya beberapa kantor kecamatan serta Dinas pendapatan Daerah (Dispenda), "sebutnya.

Ditempat yang sama kepala BKD Rohil, Roy Azlan menjelaskan 10 praja IPDN ini melakukan kegiatan wasana praja untuk mengambil lokus penelitian yang nantinya akan digunakan untuk membuat skripsi. "ini praja sudah semester empat, kemungkinan bulan mei atau juni praja ini akan melakukan ujian dan dilanjutkan dengan wisuda, "jelasnya.

Dilanjutkan Roy, praja angkatan XXIII ini terdapat 13 orang praja asal rohil. Namun 3 Praja mengambil lokus dipekanbaru dan 10 praja dirohil. Selama melakukan kegiatan wasana praja dirohil diminta untuk datang sesuai dengan jam kerja pemkab rohil. Para Praja juga harus disiplin dan membantu apa yang bisa dikerjakan saat penelitian. "kalau data kita pastikan tidak akan sulit, apa yang diinginkan akan kita bantu, "pungkasnya. (adv/hms/di)