Riau Raya

Meski Harga BBM Turun, Sembako di Pekanbaru Tetap Mahal

PEKANBARU- Meskipun harga segala jenis bahan bakar minyak (???) sudah mengalami penurunan pada 5 Januari 2016 kemarin, tetapi harga-harga kebutuhan pokok rumah tangga tidak mengalami penurunan yang berarti, tetap tinggi di pasar-pasar tradisional yang ada di Pekanbaru.
 
Pada Kamis (7/1/2016), di salah satu pasar tradisional yaitu di Pasar Pagi Arengka, harga-harga kebutuhan pokok tetap tinggi dan tidak mengalami penurunan yang siknifikan.
 
Harga-harga kebutuhan rumah tangga yang masih tetap tinggi seperti cabai merah Bukittinggi dijual  Rp 45 ribu per kilogram, cabai merah Medan dengan harga Rp 40 ribu per kilogram, cabai hijau Bukittinggi dijual Rp 35 ribu per kilogram, harga cabai hijau Medan Rp 30 ribu per kilogram, dan harga cabai rawit dijual Rp 40 ribu per kilogram
 
Sementara itu untuk harga bawang merah Bukittinggi berkisaran Rp 35 ribu per kilogram, harga bawang merah Medan dengan harga Rp 20 ribu per kilogram, dan bawang putih dijual Rp 24 ribu per kilogram.
 
Sedangkan sayur-mayur seperti tomat dijual dengan harga Rp 12 ribu per kilogram,  mentimun dengan harga Rp 7 ribu per kilogram, kentang Rp 9 ribu per kilogram, kol dijual Rp 9 ribu per kilogram, sawi dijual Rp 8 ribu per kilogram, harga kangkung Rp 5 ribu per ikat besar, bayam dengan harga Rp 2 per ikat, dan kacang panjang Rp 5 ribu per ikat besar.
 
Untuk ayam dan ikan masing-masing berkisaran harga seperti ayam ukuran 1 kilogram dijual Rp 25 ribu per kilogram, ayam ukuran 2 kilogram dihargai Rp 23 ribu per kilogram, dan daging sapi masih tetap diharga Rp 110 ribu per kilogram.
 
Sedangkan harga jenis-jenis ikan seperti ikan lele Rp 21 ribu per kilogram, ikan patin Rp 20 ribu per kilogram, ikan nila Rp 26 ribu per kilogram, ikan mas Rp 30 ribu per kilogram, ikan tongkol Rp 30 ribu per kilogran, ikan serai Rp 22 ribu per kilogram, ikan mancilak Rp 24 ribu per kilogram, dan ikan sisik Rp 25 ribu per kilogram.
 
Vira, seorang pembeli mengungkapkan dengan harga-harga kebutuhan pokok rumah tangga masih tetap tinggi seperti ini, sehingga daya beli masyarakat tidak begitu besar, saya hanya membeli kebutuhan rumah tangga seadanya.
 
"Penurunan ??? yang terjadi saat sekarang ini tidak berpengaruh lbesar terhadap harga-harga kebutuhan pokok rumah tangga di pasar tradisional yang ada di Pekanbaru," tukasnya, seperti dilansir riaupos.co. (rep05/rpc)