Riau Raya

Di Pekanbaru, Harga Sembako Mulai Melonjak Naik

PEKANBARU-Menjelang perayaan natal dan tahun baru ini, harga sejumlah bahan sembako di pasar-pasar di Pekanbaru mulai mengalami lonjakan. Kebaikan harga sembako ini sudah dialami oleh daging sapi, daging ayam, telur, dan lainnya.
 
Misalnya saja harga daging sapi yang sebelumnya masih Rp90 ribu perkikogram, kini dijual dengan harga Rp110 ribu perkilogram. Begitu pula dengan telur yang ayam sebelumnya masih Rp 38 ribu pertikar, sekarang sudah Rp40 ribu pertikar.
 
Kepala Bidang Perdagangan Disperindag, H. Mas Irba Sulaiman mengakui, jika beberapa komoditas dipasaran mengalami kenaikan jelang Natal dan Tahun baru.
 
Namun kenaikan belum mencapai 20 persen dari harga normal.Meski begitu pihaknya akan terus memantau perkembangan harga sembako di pasaran dan senantiasa menghimbau agar para pedagang tidak menaikan harga lebih dari 20 persen dari harga norma.
 
Selain itu, menurut Irba pihaknya juga mengingatkan pedagang untuk tidak melakukan kecurangan yang mengakibatkan harga barang  naik. "Karena hal ini tentunya akan merugikan semua pihak," ujarnya, kemarin.
 
Pihaknya juga himbau pedagang untuk tidak menimbun barang sehingga harga akan naik. Jika ada kenaikan lebih dari 20 persen, maka Pemerintah akan mengintervensi pelaku usaha.(rep05/mrc)