Fokus Rohil

Sekda Buka MTQ Tingkat Kepenghuluan Panipahan Darat

ROHIL-Plt Sekdakab Rohil H Surya Arfan, secara resmi membuka agenda perlombaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-II tingkat kepenghuluan berpusat di Kepenghuluan Panipahan Darat, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Sabtu (19/12/2015).
 
Pada acara pembukaan hadir Asisten III Bidang Kesra H Ali Aspar, Kadiskanlut M Amin, Penghulua Panipahan Darat, Mustar Ali.Dalam sambutanya, Sekda, mengatakan Kabupaten Rokan Hilir memiliki banyak qori dan qoriah berpotensi.
 
Rokan Hilir bisa saja mengukir prestasi hingga tingkat propinsi dan nasional, namun diakui hanya kurang pembinaan.Karena itu kebijakan yang diambil, kata Surya, pemerintah daerah memberikan anggaran untuk pembinaan qori dan qoriah melalui LPTQ kecamatan sebesar Rp50 juta, tahun 2016, mendatang.
 
Sekda mengaku, bukan hanya pembinaan saja, persiapan untuk tampil juga kurang, sehingga perlu dievaluasi kembali jauh hari sebelum mengikuti perlombaan baik tingkat propinsi dan Nasional.
 
Secara pribadi, dirinya berharap supaya pihak Kecamatan dan tokoh masyarakat kompak untuk mengaktifkan gerakan magrib mengaji disetiap masjid kecamatan, kepenghuluan. Contoh oronis, sebutnya, di Bagansiapiapi masih banyak anak, pelajar yang tidak bisa membaca alquran, dari 80 orang murid, ada sekitar 40 an yang tidak bisa mengaji.
MTQ ini, menurut sekda, sangat bagus dilaksanakan dan dapat menjadi contoh bagi kepenghuluan lainya. Dirinya mengaku tahun 2016 sudah disediakan Anggaran Dana Desa (ADD), didalamnya ada dana pembinaan umat.
 
Sementara, Mustar Ali Penghulu Paniphan Darat mengatakan, pelaksanaan kegiatan MTQ digelar pihak kepenghuluan dengan menggunkan dana ADD dan dibantu oleh penghulu dan segenap tokoh masyarakat. Seluruh masyarakat sangat antusias mengikuti perlombaan ini, siharapkan bisa melahirkan generasi qori dan qoriah yang handal.
 
"Memang sederhana, namun niat dan tujuan kita adalah mencari bibit yang berbakat dalam bidang keagamaan ini. Jadi kita akan gelar tiap tahun dan pemenangnya akan diikutkan dalam tingkat yang lebih tinggi," ungkapnya.(rep05/mrc)