Riau Raya

Asik, Pemko Pekanbaru Terima Hibah 50 Bus dari Pemerintah Pusat

 
PEKANBARU-Pemko Pekanbaru dalam waktu dekat ini akan menerima sebanyak 50 unit bus Sarana Angkutan Umum (SAUM) dari pemerintah pusat. Bus tersebut rencananya akan digunakan sebagai penunjang transportasi kawasan perbatasan antara Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan).
 
Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pekanbaru, Dedi Gusriadi Senin (14/12) di Pekanbaru mengatakan,bus-bus hibah pemerintah pusat melalui Departemen Perhubungan itu akan tiba pada April 2016 mendatang.
 
Sebagai tindak lanjut rencana tersebut, Dedi telah meminta Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru untuk melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten yang termasuk dalam Pekansikawan.
Koordinasi tersebut juga untuk menentukan nama bus, trayek, koridor, dan jalur transportasi yang akan dilalui.
 
Menurut Dedi, konsep yang dibuat Pemko dan Pemkab tentang kerjasama kawasan Pekansikawan ini sama dengan konsep yang telah diterapkan kota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), yakni untuk meningkatkan transportasi darat untuk percepatan pembangunan daerah yang tergabung dalam empat kabupaten/ kota.
 
“Dalam melanjutkan kerjasama kawasan Pekansikawan perlu percepatan pembuatan Master Plan untuk mencari benarng merah diantara empat kabupaten kota tersebut. Hal ini menyangkut  tanggung jawab bagi kabupaten/kota tentang penganggaranya karena dananya sudah dianggarkan pada tahun anggaran 2016,” ungkap Dedi.(rep05/rmc)