Riau Raya

Anggaran Pencegahan Karhutla Rp 123,4 M di Tahun 2016

Pemerintah Provinsi Riau dan pihak DPRD Riau mengambil pelajaran berharga terhadap kejadian musibah kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tahun 2015.  Diharapkan ditahun 2016 tidak terjadi lagi atau paling tidak bisa diminimalisir agar kejadian tidak terjadi dalam waktu panjang.
 
Untuk itu diaggaran tahun 2016 dianggarkan dana secara khusus untuk pencegahan, penanganan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan sebesar Rp 123,448 M.  Ini disampaikan oleh Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman dlam penyampaian notakeuanhan 2016 ke DPRD Riau.
 
"Angaaran dalam pencegahan, penanganan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dilakukan dalam Biaya Langsung yang berada pada SKPD maupun dalam bentukbantuan keuangan yang diberikan pada Kabupaten/Kota se Provinsi Riau", jelasnya.
 
Sebagaimana yang dimaklumi sebelunya, masalah terjadinya bencana asap di Provinsi Riau sudah bisa dipastilan berlangsung tiap tahunnya terutama memasukimusim kemarau. Bahkan kejadian ini sudah berlangsung sekitar 18 tahun silam. 
 
Untuk kajadian ditahun 2015 merupakan yang terparah karena memakan waktu panjang sekitar tigabulan.  Berharap tahun berikutnya tidak terjadi lagi, paling tidak berkurang. (rep05/r,c)