Riau Raya

Lomba 10 K HUT Pekanbaru Diikuti Pelari Mancanegara

PEKANBARU - Agenda tahunan, sempena Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru dengan lomba lari 10 kilometer (10K) dijadikan sebagai ajang promosi pariwisata di Kota Pekanbaru.

Pasalnya lomba ini selalu di ikuti oleh negara-negara asing.Jumlah peserta singnya tiap tahun juga tercatat alami peningkatan. Seperti tahun ini Lomba 10 K di ikuti oleh negara Kenya, Afrika Selatan, Prancis, Korea Selatan, dan Australia.

Demikian hal ini dikatakan Panitia Pelaksana Lomba 10 K, Dastrayani Bibra, usai pertandingan di Jalan Gajah Mada, Minggu (12/6). "Kita bersyukur acara ini sukses dan terbanyak diikuti oleh pelari luar negeri. Seperti asal Kenya, Australia, Prancis, Afrika Selatan, dan Korea Selatan," ujarnya.

Menurutnya, adanya ivent lomba 10 K ini maka secara tidak langsung kota Pekanbaru akan kedatangan wisatawan, baik sekedar mengkuti ataupun untuk menyaksikan. "Tujuannya memang bagaimana wisata Pekanbaru dikenal di luar negri. Sehingga ada ketertarikan warga asing untuk datang," urainya seperti dilansir halloriau.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT pada kesempatan yang sama juga berharap ivent ini di tahun depan bisa lebih meluas jangkauannya. Tentunya tidak lepas dari sosialisasi di tingkat nasional maupun internasional.

Selain ia juga berharap, ajang ini mampu mencari bibit pelari di Kota Pekanbaru. Sehingga pembinaan secara dini oleh para guru terhadap pelajar yang juara bisa dilakukan sejak awal. "Harapan kita ajang ini juga digunakan para guru olahraga untuk mencetak para atlet Pekanbaru," tambahnya. (rep05)