Riau Raya

Weleh, Riau Anggaran Belanja Hibah Rp 1 Triliun di 2016

Pekanbaru-Dalam APBD Murni 2016  Pemprov Riau menganggarkan dana belanja hibah sebesar 1 triliun rupiah di RAPBD Riau murni 2016. 
 
Semua itu terungkap saat Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melakukan pemaparan di depan dewan.
 
Menurutnya, dari dana sebesar itu  terdiri dari dari belanja hibah bantuan operasional sekolah dan buffer bos mencapai 908 miliar rupiah.
 
Mantan anggota DPR RI itu menjelaskan, dana hibah untuk badan, lembaga dan ormas yang berbadan hukum dan secara spesifik ditetapkan peruntukannya dalam APBD untuk mendukung fungsi penyelenggaraan pemda besarannya mencapai Rp143 miliar.
 
Sedangkan untuk belanja bantuan sosial dialokasikan hanya senilai Rp10 miliar yang dimaksudkan sebagai kepedulian pemprov bagi kelompok masyarakat yang memiliki resiko sosial.
 
"Pemprov berupaya untuk terus melakukan langkah-langkah penyempurnaan dalam sistem pertanggungjawaban dan pengelolaan dana hubah dan bansos " ujarnya
 
Selanjutnya kata politisi Golkar Riau itu untuk bantuan keuangan dialokasikan anggaran satu triliun, 648 miliar rupiah untuk keuangan khusus.
 
"Bantuan tersebut dalam rangka dukungan pelaksanaan program prioritas dan kewenangan pemerintah kabupaten kota maupun pemerintah desa dan bantuan kepada partai politik," tuturnya (rep05/rpc)