Riau Raya

Pemkab Rohil Anggarkan 39 Miliar untuk Batu Hampar

Karena baru dimekarkan, Kecamatan Batu Hampar membutuhkan perhatian Pemerintah Kabupaten Rohil. Perhatian itu ditindaklanjuti Pemkab Rohil dengan mengalokasikan anggaran Rp39 miliar lebih dari APBD Rohil.
 
Camat Batu Hampar, Azwar Abdullah, Kamis (25/6) malam, di Masjid Jannatul Firdaus dalam safari Ramadan Pemkab Rohil menyatakan, karena baru dimekarkan, kecamatan itu perlu perhatian.
 
“Kecamatan yang baru dimekarkan, oleh karena itu, pemerintah daerah dapat memperhatikan. Namanya baru, masih banyak kekurangan-kekurangan. Pendidikan, kesehatan, maupun sosial masyarakat lainnya,” pintanya.
 
Selama ini katanya, perhatian memang sudah diberikan Pemkab Rohil di antaranya dengan penambahan jaringan listrik ke SMP Negeri 2, karena masuk ke dalam, tidak di tepi jalan dan saat ini sudah dialiri listrik.
 
Terkait permintaan camat tersebut, Bupati Suyatno menilai, Kecamatan Batu Hampar bersangsur-angsur menjadi bagus. Cuma saja jalan yang belum. “Yang tak bagus, jalanlah, betul? tanya Suyatno yang dibenarkan masyarakat.
 
Khusus untuk jalan dimaksud, tahun ini menurut Suyatno akan dibuat rigid pavement tahan selama 30 tahun dengan anggaran Rp40 miliar, namun dia tidak merinci bersumber dari dana apa.
 
Sedangkan melalui APBD Rohil, Kecamatan Batu Hampar katanya mendapatkan bagian Rp39 miliar lebih dengan 63 kegiatan.
 
“Jadi, agar Bapak Ibu tahu, berapa APBD untuk Kecamatan Batu Hampar, lebih kurang Rp39 miliar sekian. Jumlah keseluruhan kegiatan, 63 kegiatan. Puskesmas, bantuan PAUD Intan Permata, normalisasi F6, itu Rp1,6 miliar dananya. Jadi 63 kegiatan, termasuk rumah resetelmen masing-masing desa, inilah perhatian pemerintah daerah,” katanya.
 
Suyatno juga akan segera melanjutkan pembangunan Puskesmas Rawat Inap Batu Hampar yang terbengkalai. Karena berada di pinggir jalan, selalu dilihat orang banyak.(adv/hms)