Riau Raya

Ajang Perkemahan BudAya Nasional, Rohil Tampilkan Ucu Totil

Perkemahan Budaya Nasional yang digelar di Kabupaten Siak resmi dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan.
 
Sementara, kontingen Rohil dalam acara malam seni akan menampilkan kompang dan teater Ucu Totil.
Hal itu diungkapkan Kakwarcab yang juga Sekda Rohil H Surya Arfan, Kamis (4/7) kemarian.
 
"Karena ini perkemahan budaya jadi kita akan tampilkan budaya khas dari Rohil," kata Sekda.
 
Untuk kompang memang menjadi alat musik tradisonal yang dikenal di Rohil. Bahkan setiap acara di masyarakat selalu dihadirkan.
 
"Kompang kita terkenal hampir semua kecamatan di Rohil, nah pada kesempatan ini kita hadirkan," kata Sekda.
 
Sementara itu tokoh dan figur Ucu Totil memang fenomenal di kalangan masyarakat Melayu Rohil. Sosok humor yang memang jadi pembicaraan hangat di kedai kopi.
 
"Ucu Totil seorang dari suku Melayu dahulunya yang dikenal humoris dan memang sampai kini namanya tetap dikenang," kata Sekda.
 
Dalam kesempatna itu, kepada kontingen, Sekda berpesan agar menjaga nama baik Rohil dan berikan yang terbaik. "Adik-adik adalah duta Rohil dalam KBN itu yang hadir tidak hanya teman-teman se-Riau tapi se-tanah air dan mancanegera," kata Surya Arfan.
 
Ia juga meminta kepada rombongan untuk tampilkan keramahtamahan dengam sesama, berintegritas, suka menolong sesuai dengam janji Dasa Dharma Pramuka.
 
Sementara itu pendamping rombongan Maslan mengatakan bahwa tenda Rohil unik dan berbeda dengan rombongan lainnya. Bahkan menjadi daya tarik sendiri dalam perkemahan yang diagendakan berakhir hingga 8 Juni mendatang. "Hari ini resmi dibuka dan banyak orang yang datang melihat tenda kita yang unik dan berbeda," pungkas Maslan. (adv/humas)