Riau Raya

Pemprov Siapkan 2209 Pendamping Desa

PEKANBARU-Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Pedesaan (BPM-Bangdes) menyiapkan 2209 pendamping desa. Hal itu dilakukan setelah selesai melakukan seleksi penerimaan pendamping desa (PD).   
 
Hal itu diutarakan Kepala BPM-Bangdes Riau, Sudarman di Pekanbaru. Ia menerangkan, pihaknya telah menyampaikan hasil seleksi penerimaan pendamping desa ini ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes) RI.
 
"Prosesnya terus berjalan, dari 6.000-an yang melamar, hanya 2.209 orang yang dinyatakan lulus sebagai pendamping desa. Kita tinggal menunggu SK dari Kemendes saja lagi," urainya.    
 
Mantan Kepala Biro Hukum Setdaprov Riau itu menerangkan, apabila SK dari Kemendes itu sudah dikeluarkan, maka para pendamping desa ini langsung disebarkan ke kabupaten/kota di Riau.
 
Dia berharap, paling lambat Januari 2016 pendamping desa ini sudah bekerja.   Sementara terkait honor yang diterma bagi pendamping desa ini kata Sudarman, jumlah bervariasi mulai dari Rp3 juta hingga Rp7 juta.    
Nantinya, ribuan pendamping desa itu nantinya akan disebar menjadi dua kelompok. Pertama, pendamping desa (PD) di tingkat kecamatan berjumlah 857 orang dan kedua, pendamping lokal desa (PLD) berjumlah 1.352 orang.(rep05/mcr)