Riau Raya

Inhu Mulai Terendam Air

Rengat-Sejumlah wilayah di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau sudah mulai digenangi dan terendam air mengakibatkan sebahagian warga sudah ada yang mengungsi akibat banjir.
 
"Walaupun sudah mulai masuk musim banjir, dana tanggap darurat APBD belum bisa digunakan," kata Penjabat Bupati Indragiri Hulu, Kasiarudin di Rengat.
 
Ia mengatakan, dana APBD untuk mengantisipasi bencana alam belum dapat digunakan karena ada kesalahan nomenklatur item di penganggaran, namun pemerintah tetap membantu dengan solusi lain.
 
Dia menyebutkan, seharusnya tertera bukan untuk kegiatan tanggap darurat, tetapi siaga darurat karena itu jika digunakan akan bisa menjadi masalah nantinya.
 
"Namun upaya untuk mengatasi bencana banjir tetap dilakukan namun didukung sejumlah Satker," sebutnya.
Menurut dia, saat ini sudah ada laporan dari masyarakat bahwa ada sejumlah tempat terendam banjir misalnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Indragiri, Kecamatan Kuala Cinaku dan Seberida, antisipasi agar tidak berdampak luas tetap dilakukan dengan baik.
 
Instansi terkait tentunya diharapkan ikut berperan aktif dalam upaya itu misalnya Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD), TNI dan Polri agar keluhan warga teratasi dan kebutuhan dapat dipenuhi dengan demikian beban masyarakat dapat teratasi dengan baik dan optimal.
 
Kepala Dinas Kesehatan Inhu Suhardi menyebutkan, pihaknya siap untuk membantu kelancaran usaha penanggulangan dampak dari bencana banjir sesuai dengan bidangnya, dana terkait itu ada pada kegiatan untuk kejadian Luar Biasa (KLB) yang telah disiagakan.
 
"Uangnya untuk penyediaan obat-obatan dan tenaga medis serta pelayanan kesehatan," ujarnya.
Jika sudah memungkinkan dana untuk dipakai maka instansi ini sudah bisa bergerak untuk memberikan pelayanan kesehatan, Tim akan bekerja optimal turun langsung membantu masyarakat.
 
"Biasanya dampak dari bencana banjir adalah terjangkitnya sejumlah penyakit kulit, gatal-gatal dan demam," ujarnya. (ant/rep05)