Sosialita

NASA Pantau Asteroid 9 Kali Kapal Pesiar di Dekat Bumi

ilustrasi

 Ada kejutan dari pelacakan asteroid, 1998 QE2, yang mencapai jarak terdekat dengan bumi pada 31 Maret 2013 siang waktu AS. Asteroid sembilan kali kapal pesiar itu terpantau memiliki dua bulan.

Dilansir dari Nbcnews, Jumat 31 Mei 2013, asteroid 1998 QE2 yang berukuran 2,7 Km berjarak sekitar 5,8 juta kilometer dari Bumi atau setara 15 kali jarak antara Bumi dan Bulan.

Menurut pantauan antena Deep Space Network NASA di Goldstone Califronia, AS, asteroid itu terlacak memiliki dua bulan berdiameter 600 meter, atau dua kali besar kapal laut.

Bila Bulan asteroid itu menghantam bumi, bisa menghancurkan satu area kota seperti Virginia, AS, seluas 110.785.67 km persegi.

Meski diperkirakan tidak begitu mengancam Bumi, lintasan dekat astroid itu dengan Bumi tetap menarik perhatian para astronom. Peristiwa asteroid sampai sedekat itu dengan bumi itu tergolong langka.

Pengamatan itu juga membantu rencana NASA untuk misi Osiris-Rex. Misi ini direncanakan akan membawa kembali sampel asteroid Bennu pada 2023. Bahkan misi ini punya target, mengepung asteroid pada pertengahan 2020-an.

Radar pengamatan pertama Goldstone atas asteroid itu dilakukan pada Rabu malam waktu setempat. Pengamatan itu menghasilkan gambar dengan resolusi sekitar 75 meter per piksel.

Secara mengejutkan, gambar pengamatan menunjukkan asteroid 1998 QE2 memiliki periode rotasi kurang dari 4 jam, serta ditandai dengan beberapa permukaan gelap yang menunjukkan kawah besar.

Dalam laporan gambar yang dihasilkan, Jet Propulsion Laboratory NASA mengatakan resolusi gambar akan menjadi lebih baik karena pembacaan radar tersedia baik dari Goldstone maupun Arecibo Observatory di Puerto Rico. (rep2)