Fokus Rohil

Antisipasi Peredaran Produk Kadaluarsa Menjelang Akhir Tahun

Pekanbaru-Mendekati perayaan hari Natal dan Tahun Baru 2016, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru akan meningkatkan pengawasan terhadap makanan dan minuman kadarluarsa, Hal itu dilakukan karena adanya prediksi peningkatan permintaan konsumen.
 
"Menjelang akhir tahun 2015 kita memprediksi akan terjadinya peningkatan permintaan makanan dan minuman, sehingga kita meningkatkan pengawasan barang tersebut," ujar Eddy Fahmi, Kabid Pengawasan dan Perlindungan Konsumen Disperindag kota Pekanbaru, Kamis, (3/12/2015).
 
Dikatakan Eddy, saat ini pihaknya secara rutin melakukan pengawasan terhadap peredaran makanan dan minuman, akan tetapi belum ada mendapati temuan maupun laporan dari masyarakat ada makanan yang kadarluarsa.
 
"Peningkatan permintaan menjelang akhir tahun memang tidak seperti hari raya Idul Fitri, tapi peluang pelaku usaha untuk menjual makanan kadarluarsa tetap ada celahnya, sebab mereka terlebih dulu menjual stok stok lama," katanya.
 
Lebih lanjut dirinya mengimbau kepada masyarakat agar lebih teliti dalam membeli produk yang ditawarkan pelaku usaha serta tidak mudah tergiur dengan promo-promo harga miring yang diberikannya.
 
"Kita meminta masyarkat menjadi konsumen yang cerdas, ketika membeli produk harap teliti, jika konsumen menemukan makanan atau minuman yang kadarluarsa maupun yang ilegal harap melaporkan ke kita agar bisa dilakukan penindakan," papar Eddy. (rep05/rpc)